Curhatan tentang Aupair

 

Picture 220

Sailing with Smiling Faces

Tulisan ini udah beberapa lama di draft, cuma maju mundur terus buat nongolin, dan akhirnya gue putusin ya udah publish aja. Jadi dibacanya sambil senyum aja ๐Ÿ™‚

Jadi setelah tulisan gue mengenai Aupair (baca disini), banyak banget yang ngirim gue email. Hampir setiapย hari gue terima email yang nanya persyaratan, yang curhat, yang nanya pengalaman dan semuanya gue jawab walaupun gak langsung ย dan sebagian besar lagi gak ada kabar lagi, tapi ya udah, gue berpikir mungkin setelah mereka baca cerita gue, mereka merasa belum siap. Tapi ada juga yang makin mantab dan mereka daftar, dan setiap kali gue denger ada yang berangkat, gue juga berasa seneng banget, karena buat gue pengalaman Aupair itu luar biasa banget.

Nah semenjak kurang lebih 1,5 tahun terakhir, minat host family sama Aupair Indonesia berkurang drastis banget. Yang gue tau tahun lalu berangkat aja cuma beberapa orang, sedangkan pas zaman gue jadi aupair, Indonesia termasuk negara favorit yang dicari karena menurut para host family orang Indonesia termasuk yang ramah, ringan tangan membantu dan tau aturan, sampai-sampai aja pas gue udah balik, Host family gue masih minta dicariin aupair Indonesia.

Trus gue penasaran, kenapa sekarang aupair Indonesia segitu gak ada yang mau. Ngobrol-ngobrol lah gue sama agent nya Aupair yang di Indonesia. Jadi, dia banyak dapat complaint dari Agent Aupair di Belanda, di mana banyak host family yang complaint mengenai tingkah laku para aupair Indonesia. Kebanyakan aupair Indonesia ke sana sudah membawa tekad bulat untuk mendapatkan pacar bule, sehingga mereka menghabiskan waktu untuk clubbing, hangout dan dating ย biar bisa dapat koneksi pria-pria. Bahkan gue baru denger ada yang dipulangin gara-gara kerjaan dan hubungannya gak beres sama host family soalnya hidupnya di dekasikan buat cari cowo. Sedih.

Gak ada salah nya dengan cari pacar bule atau usaha buat dapat pacar bule, tapi seperti juga di postingan gue sebelumnya, gue bilang ituย bonus, please, jangan jadiin itu tujuan utama hidup di sana. Mungkin kaya gue ya contohnya, gue sama Jan gak pacaran dari waktu gue masih aupair, jauuuuh setelah gue balik ke Indonesia dan malah gak berpikiran buat punya pasangan bule. Yang gue sayangkan lagi adalah, dengan beberapa orang aupair Indonesia yang kelakuannya begini, eh jadi merembet ke nama seluruh “aupair Indonesia” sehingga gak ada host family lagi yang mau dan temen-temen yang emang niatnya pingin bener-bener cari pengalaman dan tinggal di luar negeri jadi gak dapat kesempatan plus kan malu-maluin nama negara yaa. Setahun waktu yang sebentar banget, kalau gak dimanfaatin explore Belanda (dan negara sekitarnya) rugi banget kan.

Gue nulis gini karena ada beberapa orang yang gue kenal yang akhirnya susah banget dapat host family karena citra “Indonesia” sudah terlanjur gak baik. Mungkin ada yang baca blog ini atau nemu blog ini karena emang pingin jadi aupair dan pingin punya pengalaman di Luar negeri, gue cuma membantu mengingatkan bahwa di luar itu, kita bawa nama negara kita, jadi mari yukkk saling jaga sikap, jadinya kesempatan temen-temen yang lain yang pingin juga cari pengalaman jadi gak tertutup ๐Ÿ˜€

Postingan ini gak sok ngajarin atau sekali lagi melarang untuk mencari pacar, postingan ini ada, karena ada banyak orang yang pingin banget ke Belanda buat cari pengalaman jadi gak bisa karena image nya aupair Indonesia sudah kurang baik.

 

Advertisements

Aupair

Image

Banyak yang nanya kenapa dulu gue bisa ke Belanda dan tinggal di sana setahun. Jawabannya gue dulu ikut program Au-Pair.

Jadi Au-Pair ini adalah program pertukaran kebudayaan, dimana kita tinggal dengan host family kita buat setahun, dapat kursus bahasa Belanda dan uang saku, dan kita tugasnya adalah membantu host family menjaga anak mereka. Bukan pembantu koq, tenang aja, bukan juga baby sitter atau nanny, karena kita kerjanya gak full time ๐Ÿ™‚ Tugas Aupair yang paling utama adalah bersama anaknya host family ketika mereka kerja. Kalau pengalaman gue dulu, gue anaknya umur 8 bulan pas nyampe di sana. Masihhh beibiiii banget dan anak pertama. Dua-dua family nya kerja full time, 4 hari seminggu. Papa nya tiap Rabu kerja dari rumah dan mama nya tiap Jumat. Nama anak nya Frederique Brandt. Banyak yang bilang kaya cowo, dari nama sampe muka, tapi dia CEWEEEE ๐Ÿ˜€

Nah kalau gue dulu karena anaknya masih beibi, jadi otomatis dia sama gue terus seharian (gak seharian juga, karena dia bangun pagi diambil sama mamanya, tidur juga dia sendiri di kamarnya dan mama nya yang nganterin dia tidur sambil bacain cerita dan yang mandiin juga mamanya). Jadwal gue dari pagi sampai dinner time sama dia hari Selasa sama Kamis. Kita berdua di rumah, main, nonton, foto-foto, jalan-jalan, apa ajalah sama dia. Senin dia ke Day Care Center, jadi biarpun udah ada gue di rumah, nyokap bokapnya tetap pingin anaknya bergaul (dari umur 4 bulan dia “bergaul” di daycare) ๐Ÿ™‚ rabu gue setengah hari doang, pagi aja, siangnya kalau papanya udah bangun, dia main sama papa nya. Jumat juga setengah hari, mama nya pagi suka masih kerja video conference, abis lunch gue free sampai senin lagi ๐Ÿ™‚ Emang banyakan free nyaaa gue, dan weekend juga gak pernah dimintain tolong buat jaga. Karena masih anak pertama jadi mereka masih excited banget selalu pingin bareng Frederique.

Gue jelasin tugas standard nya Aupair. Jadi kita selalu bersama anaknya, temenin main atau nganterin ke sekolah ketika mereka udah masuk sekolah, nyiapin makan siang buat anaknya, membantu membereskan mainan anaknya (membantu loh namanya. Jadi kalau anaknya udah mulai ngerti diajarin buat abis main simpen lagi, kalau Frederique yang masih kicik, mau gak mau gue yang beresin), belanja ke supermarket (ini bagian yang paling gue suka ๐Ÿ˜› Jalan sore sama Frederique, beli roti atau makan malamnya dia, soalnya dia makan malam sampe umur 12 bulan masih makanan botol yang tinggal dipanasin di microwave), nyuci piring (ini ada mesinnya koq, jadi taruh semua di mesin dan kalau udah selesai diatur lagi di tempatnya) dan nyuci baju (tapii tenang aja, gak kaya disini koq, disana semuanya pakai mesin, mesin pencuci sama pengering. Kalau gue dulu cuma bajunya Frederique doang tiap senin gue cuci, trus lipet aja, gak pakai setrika-setrikaan koq), sama ngebersihin rumah tapi yang bener-bener kotor dimainin sama anaknya. Ada peraturan mengenai besaran luas yang bisa kita bersihin, kita gak boleh ngepel serumah-rumah, atau bersihin kaca/kolam renang, kita bisanya light household, artinya yang bener-bener ringan. Dulu di tempat gue ada cleaning lady seminggu sekali datang, sisanya pas Frederique kalau makan siang rotinya berantakan, gue vacuum aja di daerah sekitar tempat duduk dia, cuma 5 menit bersihhh ๐Ÿ˜€

Kalau dari sisi Host Family ya. Host family haruslah mereka yang terpelajar, ngomong Inggris aktif dan ย berpenghasilan bagus (karena mereka mengeluarkan uang yang cukup besar buat menjamin kita, buat tiket, asuransi, dkk). Mereka adalah orang-orang yang open minded banget, apapun yang lu rasakan, lebih baik diomongin. Misalnya ketika mereka minta tolong kita untuk jagain anaknya pas weekend, tapi kita udah buat janji, nah itu bisa diomongin, mereka negotiable banget. Mereka juga gak ngebeda-bedain kita, apa yang mereka makan, itu yang kita makan sebagai dinner. Bahkan kalau pengalaman gue, kalau ada acara keluarga gue selalu diundang dan disuruh duduk aja, nanya mau nya minum apa.ย Host family kita adalah orang yang akan bertanggung jawab selama setahun penuh dengan kehidupan kita. Uang tiket, visa, insurance juga dapat dari host family. Kita makan free di rumah mereka, tinggal free selama setahun, dapat kursus bahasa belanda (gue kursus nya di Smiling Face seminggu sekali dan dianter jemput sama host dad gue ๐Ÿ™‚ ), dan dapat uang saku. Fasilitas yang standard yang harus kita dapatkan adalah kamar pribadi (kalau hoki bisa dapat kamar mandi pribadi juga, kaya gue dulu dapat kamar mandi sendiri di kamar), televisi, komputer/laptop dengan internet, HP, dan sepeda.

Ada rules yang bener-bener mengatur mengenai kehidupan Aupair di Belanda koq, jadi jangan takut. Host Family juga selalu menganggap kita bagian dari keluarga mereka, sampai Om Tante, Oma Opa baikkk semua selama kita juga sopan dan tau batasannya ๐Ÿ™‚ Bukan berarti gue gak pernah nemu Aupair yang bermasalah ya, ada koq yang bermasalah, dan itu gunanya juga kenapa pas kesana gue pake Agent yang bener-bener terpercaya. Gue pakai Smiling Faces. Mereka juga ngeliatin kamar kita koq apakah sesuai dengan prosedurnya atau gak. Kita juga akan dapat waktu libur setiap weekend dan 2 minggu full dalam setahun itu (dulu gue dapatnya 3 minggu :)). Kita juga dibayarin untuk ikut outing para Aupair sedunia. Nah dalam setahun ada 4 outing setiap season, tapi dibayarinnya berapa tergantung family, ada yang cuma 2, ada yang 4-4 nya.

Image

ini pas kita lagi mau outing sama seluruh Aupair di bawah Agent Smiling Faces dari seluruh dunia ๐Ÿ™‚

Nah syarat sebagai aupair, umur 18-30 tahun, bisa berbahasa inggris aktif, bertanggung jawab, dan mau belajar hal-hal baru sama jangan takut. Keliatannya emang gampang-gampang susah, gampang mungkin karena tugasnya gak berat tapi susahnya adalah ketika winter dan homesick. Homesick itu menyiksaaa banget, apalagi kalau mulai sakit karena dingin >.< Dan kita juga musti sadar, mereka itu bener-bener berbeda dengan kita cara hidupnya. Mereka adalah orang yang direct kalau ngomong, kalau gak suka ya mereka bilang gak suka dan On time bangettttt. Mereka juga adalah orang yang perhitungan ketika hari biasa, jangan kaget kalau misalnya mereka minta bon abis kita belanja (dulu seh gue gak, cuma beberapa Aupair ada yang begitu), tapi kalau liburan mereka akan sangat foya-foya. Gue pernah dikasih hadiah SInterklaas sama host family gue liburan ke France selama seminggu buat ski-ing. Jadi mereka emang tiap tahun ada wintersport holiday, nah karena gue selalu bilang pingin liat salju (okelah, awal-awal kan norak :P) dan mereka bilang Belanda jarang banget bisa salju panjang jadi mereka nyiapin ke France buat ski-ing disana. Gue disewain alat nya buat seminggu yang mahal trus di ajarinn (walaupun gue sempat jatuhh dengan mengerikannya dan gue pikir gue bakal mati di dasarnya >.<), tapi in the end pas gue udah bisa, gue divideoin buat jadi kenang-kenangan katanya ๐Ÿ™‚

Nah caranya gue kesana adalah pakai agent yang akan mencarikan kita host family yang cocok dan arrange waktu interview kita sama mereka. Jadi tenang aja, gak buta-buta juga koq, kita akan lihat mereka dan akan diinterview. Kalau kita gak sreg bisa nolak koq ๐Ÿ™‚ Prosesnya gue makan waktu dari awal daftar, lengkapin semua sampai berangkat itu 6 bulan, lamanya karena gue ngisi emang cukup lama dan pas mereka ngurus kartu gue disana mereka juga pas pindahan rumah, jadi makin lama deh.

Gue seh gak pernah menyesal pernah ikut program ini. Pas lulus kuliah, gue langsung ke sana setahun, bener-bener ngasih wawasan baru, dan gue bisa menikmati hal-hal yang kalau kudu gue bayar sendiri, duitnya gak ada kakak ๐Ÿ˜ฆ

Image

Ini foto waktu birthday Frederique yang pertama. Yang 2 cewe itu sepupu-sepupunya Frederique. Lucu-lucu apalagi yang kecil, namanya Bloeme. Dia suka buatin gue stiker gambar kalau ketemu atau pas Sinterklaas day (5 Desember) dimana semua anak kecil percaya ada SInterklaas yang kasih mereka kado, dia cerita kalau dia nulis surat ke Sinterklaas, bilang dia punya teman baru, Aupairnya Frederique, namanya Astrid, nanti Sinterklaas jangan lupa kasih Astrid kado yaa. Sweeeeet bangettt ya โค :*

Image

Nah ini host family gue sama keluarga dari host dad gue. Ini waktu Christmas Dinner. Makanannya spesial, masaknya juga seharian ituuu >.<

Dibalik semua cerita keseruan gue jadi Aupair, saran gue (macam berpengalaman sekali nak*) kalau memang sudah kesana dan punya kesempatan itu, dipakainya beneran buat belajar dan explore hal-hal baru, misalnya travelling ke negara-negara eropa yang itungannya cukup murah dengan uang saku Aupair kita. Jangan menyia-nyiakannya dengan punya tujuan *gue harus dapat pacar bule* sehingga menghabiskan waktu kencan dengan berbagai bule atau malah kaya kuda lepas kandang, yang berasa bebas trus semuanya dicoba sampai yang gak benar ๐Ÿ˜ฆ Beberapa Aupair indo yang gue kenal juga ada yang gitu, kan sayang banget. Untuk punya pacar bule, jadiin itu bonus tambahan, jangan dikira gampang koq ๐Ÿ™‚ Manfaatin setahun dengan bener aja, karena setahun bakal berlalu sangattt cepat ๐Ÿ™‚

Kalau memang ada yang berminat dan pingin nanya-nanya bisa tinggalin koment aja, dengan senang hati pasti gue bantu ๐Ÿ™‚

Groningen day:)

monday is back, it means back to work again and back to our “rutinitas”….

Setelah ngabisin weekend gue yg super duper melelahkan, dan kurang tidur akhirnya disenin ini gue bisa beristirahat sejenak dirumah…
gue mau cerita weekend gue sabtu kemarin..
jadi sabtu kemarin gue janjian sama Tia buat dag kaart-an bareng… Dag Kaart itu tiket kereta buat seharian lu naik kereta ke mana aja di Belanda hanya dengan harga 12,50 euro.. itu promosi dari kruidvat yg kerluarnya setahun 2x, biasanya seh kita2 beli buat ke kota2 yg ada diujung2 yg klo harga normal nya bisa sampe 30-an euro PP…
Jadi karena gue udah pernah ke Maastricht, kota yg paling bawah, nah gue ke Groningen deh sekarang, kota paling atas..
Rute awal Appeldoorn – Groningen – Haarlem..
Appeldoorn kita pilih karena itu rumah ratu, jadi kita mau liat aja gimana rumahnya ratu…
Berangkat dari Gouda setengah 10, pagi2 soalnya perjalanannya jauhhhhhh bangettt..
Sampe Appeldoorn jam setengah 11, pas turun kita lihat kotanya lumayan enak, trs tanya ke bapak2 disana, dimana rumah ratu trs dia bilang musti naik bis lg sekitar 6 kilooan lah jadi gak bisa jalan, Tia nya gak mau naik bis, dia gak mau bayar bis lagi, jd kita jalan ke centrum dan gue beli Ice cream Mc Flurry nya Mc.D, trs ke centrum males liatnya soalnya centrum pasti gt2 doang, jadi kita mutusin buat langsung aja cabut ke Groningen jam 11.06…

Perjalanannya lama bangetttt, tuker kereta 2x dulu baru deh nyampe di Groningen jam 1an lah,,,
pas turun kita langsung kagum, gila Groningen enak banget, pas liat2 mau jalan kemana, kita ketemu sepasang cowo-cewe bule trs kita tanya arah bwt jalan2 ke mana, mereka ramah gt ngasih tau, klo mau jalan dan liat centrum dan tempat2 bagus, sebrangin aja jembatannya…
Ya udah gue sama Tia jalan2, liat2 di toko2 yg tradisional belanda dan sampe bener2 di pusat cnetrum nya, gede banget dan disitu ada kampus juga, jd banyak mahasiswa2 yg lagi belajar atau gak berjemur smbil minum di cafe soalnya kemaren weekend kemaren lumayan panas..
Trus kita mau cari toko2 normal aja kya H & M atau Zara atau Esprit, tapi koq gak nemu2, abis nanya2 kita ketemu, ternyata gak jauh dari jalan2 yg udah kita lewatin, cuma karena gak tau kita muter2 gak jelas deh…
Itu bnere2 surga belanja deh, H& M nya ada 3 toko yg super gede, dan 3 lantai semua dan SALE, gue kalap cobain beberapa baju yg gue tau gue gak mungkin beli,haha…
dan gue nemuin sepatu yg gue idam2kan di sana, yg tadinya gue mau beli Online aja..
trus abis itu kita ke Zara, gak ada yg Ok dan terjangkau trs kita makan udh kelaperan bgt gak makan dr pagi, kita ngewok deh,.
abis itu aja udah jam setengah 6, eprjalanan balik 3 jam, akhirnya kita mutusin bwt balik aja, sambil balik gue mampir ke V &D, bwt liat tas, gue lagi naksir tas nya Jane Norman, kan kali2 disc,heheh..
dan teng treng teng itu DISCOUNT, jadi deh gue beli tas 1,hahha…

abis dari situ kita balik deh, perburuan gue menghasilkan 1 tas Jane Norman yg sale dr 33 jadi 16euro trs sepatu H&M seharga 13 euro dan krn gue punya card barang return jadinya gue byr 7euro aja…
hhhmmm, lumayan lah perburuan gue kali ini, memuaskan hati, walaupun masih menyisakan asa utk membeli dress bunga2 dan rok biru bloces di H dan M yg gue cobain….:((

btw, waktu gue bilang Roger klo gue beli tas lagi, dia bilang gini :
R : “kamu udah punya berapa tas neng?”
Gue : “hhhmmm, (mulai senyum2 menutupi), kan waktu pertama datang lg ada sale, beli 1 cuma 5euro HnM, trs pas kemarin sale Zara tasnya cuma 10e, jadi beli trs sekarang beli 1 lagi, buat acara resmi..sama yg dari indo, berarti semuanya ada empat”
R : “itu banyak2 buat apa??”
Gue : “kan kita jalan tiap hari bwt dinner, tas nya yang casual, trs klo mlm minggu tasnya semi resmi, nah bwt minggu klo gereja yg resmi2 dewasa, jd kamu juga gak bosen liatnya” (dengan suara super duper innocent)
R : (menghela nafas amat sangat panjang) “hemat2 neng duitny”

Dasar ya pria, padahal kita Ok dia juga senang (pembelaan diri),hahaha….

easter holiday

Happy Belated Easter:)
Tahun ini paskah yang paling gak bermakna buat gue , ke gereja pun gue bener2 gak nyimak khotbahnya, bahkan pas jumat agung disini gak ada ibadah, adanya cuma pas minggu paskah doang, jadi gue minggu ke gereja dan walaupun gue gak nyimak khotbahnya, gue benar2 berdoa dan bersyukur buat kematian dan kebangkitan Yesus…
Suasana paskah yang biasa aja disini, buat gue kangen sama paskah di Indo:(

Btw, gue mau cerita nih tentang long wikend gue yang amat sangat melelahkan..
jadi ceritanya gue emang dari jumat dikasih libur, jadi gue bangun siang pas jumat, trus udah gitu jam 12 turun ke bawah, ngeliat F bentar karena emak nya musti check up kehamilan sama bapaknya. Bapaknya bilang mau sekalian boodschapen sejam, jd totalnya 2 jam-an, nah setelah itu gue boleh pergi, krn emang gue udah ada janji sama temen2 gue. Pas jam 2, si G nelp gue, bilang kalau ternyata makan waktu yang lebih lama, karena RS ya oto ono, jd gue diminta nunggu, ada masalah gak, ya gue bilang gak lah, masa gue bilang ia trs suruh dia pulang??
trus dia balik jam 3an, gak jd boodschapen deh..
udah gitu gue siap2, rencananya jam 4 gue naik train ke den haag, nyampe jam 5, gue musti ngejar mau beli sephora yang disc gila2an…
pas nyampe udah mau jam 6 karena gue ketinggalan bus, langsung lari ke V&D, ternyata yang gue mau dan Ike mau, dia pesen beberapa ke gue, gak ada semua, gila make up nya udh hancur lebur begitu, huhuhu, sedih deh…
abis itu gue ketemuan sm merry, nelvi dan tia…
kita balik ke stasiun jemput sinta dulu, temennya tia, trs makan ke Ming Kee..
truuuusss, kita nunggu frans dan mala yang ke pasar malam yang karena mau nonton bang Andre Hehanusa sebagai penutup jadinya pulang jam 10an, akhirnya kita ke Dudok,sampe jam 12 baru nyampe ke rumah Frans yang mana kita bakal menginap disitu krn fam nya lg pergi…
dan eng ing eng, pas kita nyampe jam 12 itu, kunci rumah nya frans ketinggalan..
mulailah kita memikirkan cara2 gimana biar bisa masuk,mulai dari memikirkan kemungkinan buat pecahin kaca depan ato belakang, congkel pintunya, sampe berusaha ngomong sama ANJING,gilaaaaaa niat banget ya,hahhaha…
trs akhirnya mala manjat ke atap dan berusaha buka jendela lantai 2 yang kelihatan dr bawah seh kebuka jendelany.. Mala manjat dgn penuh perjuangan, manjatnya bukan pake tangga, tapi pke meja disusun dua trs pake keranjang AH 2 biji, trus yang laen megang dibawah..
penuh perjuangan naik lah Mala ke jendela yang kita pikir terbuka yang sebernanya tertutup, kita lgsg stress lagi, berusaha gimana caranya buat buka itu jendela, pke kapak lah, gergaji lah, smpe tongkat golf, apapun yang ada di gudang bawah, satu2nya yang bisa kita buka pintunya..
setelah sekitar 1,5 jam, kita masuk ke dalem, jam setengah 2an, trs ngobrol2, minum teh, merry buat pasta, makanlah kita pada jam 3an, bagi2 kamar, trus beres2 dan tidur jam 5, arrrggghhh, paginya bangun jam 9 soalnya gak bisa tidur lagi…
trus gue , merry, mala, yani dan frans ke leiden sepedaan sore2 ngeliat kermis gitu, yang laen ke pasar malam…
malamnya gue tidur dirumah yani sampe besoknya jam setengah 10, gilaaa rumah yani enak banget buat tidur…
trs minggu gue kergereja sama yani dan merry, ngerayain paskah dan perjamuan..
baliknya kita ke pasar malam indo krn ada free tiket,hehe…
trus jalan2 ke bagian makanan, ketemu Chris, Teh Susi dkk…
makanannya MAHAL AJEGILEEEE!!!
huhuhuhu…
trs seninnya gue mutusin buat balik cepet ke rumah, cape abis, wlupun akhirnya gue tidurnya tetep aja malam, diajak skype sm gilda dan ike,gara2nya gilda mau shopping di ebay dan butuh penasihat gaya:P

I Amsterdam

jadi sabtu kemaren, gue ke amsterdam sm chris, monic dan arief..
gue janjian sama mereka bertiga di stasiun amsterdam jam 12.30, jadi gue berangkat jam 11 karena gue musti naik bus, kereta ke utrecht dulu baru ke amsterdam…
akhirnya gue sama arief nyampe duluan, trs gue beli smullers dulu, soalnya gue laper bgitu belum makan apapun..
trs gue sama arief jalan duluan soalnya chris dan monic masih cari parkir, mereka dateng naik mobil..

pas jalan2, kita ketemu SEX MUSEUM…jadilah gue bareng arief masuk, kita ngakakkkkk abissssssss:P
buat masuk kudu bayar 4e, gue ditraktir arief deh buat masuknya..
pertama masuk langsung JRENG JRENG ketemu sama patung cewe dan cowo yang pakai baju tapi “itu-nya” terbuka:P
trs kita mulai jalan masuk, gak jauh dari pintu masuk, ada suara2 org mendesah2, gue gak tau persis dari mana, tapi kayanya dari patung yang bisa gerak dan mereka ber2 critanya lg begituan…
namanya SEX MUSEUM, isinya begituan semua dunk??jadi gue gak tabu membicarakan itu,hahaha…
gak gitu gede seh, 3 lantai, byk turis yang kesana, rata2 pingin tau apa seh isinya SEX MUSEUM..
isinya ratusan ribuan kali ya foto2 gambar lagi begituan, mau model apa, ada semua. lengkapppppppp, trus alat kelaminnya cowo dan cewe, cewe jarang seh, cowo tuh yang banyak dan dibuat gede2…
rata2 yang kesana seh pada ngakak, pada bilang gilaaaa, ini apaan, tapi ketawa2nya seh ketawa senang,hahaha…
banyak patung2 juga dengan segala posisi…
gue gak gitu perhatiin semua fotonya dengan jelas, soalnya gue gak gitu demen seh ngeliat yang aneh2, apalg bule gitu demennya aneh2, gue malah males..jadi cuma muter2, foto2 sm arief, trus udah deh kita kluar…
eh gak tau nya ujan, pas kita kluar pas chris nelpon, bilang kalau dia belum dapet parkir, jadi mau jemput kita aja, ntr sekalian cari parkir..
gue kira parkirnya dimana, bujubuneng, jemput kita trs udah gitu nyari parkir yang jauh..gak tau pelit gak tau apa, jadinya tetep aja kita mst naik bus ke sana??ya buat apa lu bawa mobil kalau gitu mah??:P
trus udah gitu kita ke centrum lagi, winkelen, secara cewe nya si monic mau balik senin ini-hari ini-ke indo, jadi biasalah mau shopping dulu barang eropa:P
dia pingin cari tas tapi gak ada yang cocok, pilihan terakhir ke de bijenkorf dan dia menemukan tas guess seharga 120e -chris bayarnya udh sampe nelan ludah bangetttt kayanya,hahhaha-
sempet ke esprit, gue cuma beli kaus buat bokap gue sebiji, udh gue gak beli apa2 lg…
trus kita makan di NEW KING, enak seh, mknan cina gt, cihuii banget deh, tapi lumayan mahal, dan lagi2 gue ditraktir arief, seneng dah,hahaha, makasih rif, sering2 deh,hehehe…
udah gitu kita ke RED LIGHT nya amsterdam…
buat yang belum tau, nih gue kasih tau, jadi RED LIGHT itu tempat wanita2 menjajakan diri..
jadi tempatnya cuma kaya kamar kecil, sebesar kamar kostan gitu aja ada kaca, meja rias dan toilet sm yang paling penting ada TEMPAT TIDUR (ya ialah, kalau gak??masa dilantai??) trus pakai pintu kaca dan jendela kaca, nah cewe2 itu pakai daleman doang yang paling sexya dan heel setinggi2 nya trs berdiri deh dibelakang pintu kaca ato duduk di belkang jendela smobil senyum2 menggoda trs godain cowo2, cowo2 tinggal masuk dan nawar kalau mau, kalau jadi jendela ditutup dan permainan dimulai, kalau selesai cewe nya jualan lagi…
banyaaaaak banget cewe2 nya, tinggal pilih..trus kamar2 itu juga disewain, krn gue liat ada beberapa yang kosong dan ditulis “disewakan”, parahhh ya??hahahaha…
pas gue lewat, gue sedikit takut seh, kaya parno aja, kaya mis bencong suka sama cowo tapi benci cewe, nah gue juga merasa kalau mereka kan suka cowo kalau mis diliatin cewe mereka bakal marah, cuma gak kq, mereka cuma senyum2 aja ke kita kalau kita lewat, kalau cowo ya digoda2 gitu lah, cuma kalau kesitu GAK BOLEH FOTO MEREKA…mereka bakal ngamuk luar biasa dan itu jadi peraturannya…disana juga ada polisi yang jagain, mungkin takur berebutan cowo kali, apa gimana gak ngerti juga gue,hehehe…
setelah puas muter2 dan gue liat tuh cewe2, kita jalan ke sisi amsterdam nya yang ada tulisan gede I AMSTERDAM, buat apa lg kalau bkn buat foto2,hahaha..ntr gue masukkin foto2nya, males upload skrg seh,hehehe..trs ketemu 1 rombongan indo..
dari situ kita ke amsterdam arena, ke media markt, trs balik deh, gue nyampe rumah jam 11an gitu lah, tidur dan siap2 besoknya mau ke gereja di delft bareng Yani dan Merry…

btw, gue ke amterdam jadinya malah buat liat begituan ya??hahaha

rangkuman

GILAAAAAAAAAAAAAA….
gue berniat menulis kira2 sejuta tahun yang lalu, sepuluh juta postingan ada dikepala gue, tapi tiap mau mulai nulis, rasanya berat banget untuk memasuki kolom blog..
Youtube selalu manggil2 gue buat ditonton dan mengingat nanti di indo gue gak bisa nonton Youtube seenak jidat gue kaya sekarang, jadi gue lebih memilih Youtube daripada blog, hahaha…
tapi sekarang gue harus nulis…
gue ringkas semuanya aja deh, padahal tadi nya niat gue nulis dari gimana perayaan sinterklasan gue yang gilaaaa abis, terus nulis gimana Christmas day dan new year disini dengan serba SALJU dan WHITE dan terakhir nulis crita liburan ski gue bareng familyily sini…

jadi gue mulai dengan sinterklasan gue..
jadi kalau lu baca blog gue yang kemaren2 tentang sinterklaas dan santa claus, disitu gue bilang kalau belanda ngerayain sinterklaasan tiap tgl 5 Desember..
nah tahun ini, gue ngerayain sinterklaas nya 2x, tgl 5 dan 6 des, di keluarga yang berbeda…
hari pertama, siang gitu abis buat surprise2 buat hari ke2, kita jalan jam 1an gitu ke rumah Oma brandt dulu, karena Oma Brandt birthday nya pas tgl 5 itu.. Gefeliciteerd oma^^
terus makan2 bentar, gue ketemu orang indo loh, haha.. jadi temennya si Oma, dia orang indo tapi udah lama tinggal disini, ya sempet lah bercakap2 sebentar dengan bahasa indo, hehe..
terus abis itu kerumah nya Charles-Vannessa. Setiap tahun mereka selalu ngerayain sinternetrklaas disana karena mereka punya anak kecil yang percaya banget sama sinterklaas..
pas kita datang, gak berapa lama ada yang ketuk pintu, si Bloeme langsung lari sambil teriak SINTERKLAAS, pas kita buka pintu ada hadiah sekarung, plus tulisan kalau hadiah ada digarasi belakang…
pas gitu gue liat tetangganya seh yang ngebel, jadi emang gitu selalu ada tetangga atau siapa yang berpura2 buat jadi sinterklaas dan ngebel, seru ya??
terus balik ke hadiah, pas ke garasi disana ada 3 karung lebih hadiah, busyettt dah..
3 karunggggg…ya kebanyakan buat anak kecil lah, secara mereka yang bener bener percaya itu dari sinterklaas, padahal kan ya dari oma opa, tante om2, sama mama papa…
terus gue dapat booth buat di rumah, jurk winter, legging kulit (siapa yang mau pke??), perlatan mandi, kalung, apa lagi ya?? gue lupa, udah berbulan2 yang lalu ๐Ÿ˜› sama yang paling berkesan gue dapat tiket undangan SKI BARENG sama family gue. Gue sampe nangis wakitau baca itu ( saking terharunya critanya, hahaha)…
terus ditutup deh buka2 kado malem itu dengan dinner bareng…
terus besoknya kita ke kel MENNEN.. nah kel ini punya kebiasaan buat bikin something surprise buat orang lain, tapi yang berkaitan sama itu orang, …
misalnya nih tahun lalu, buat wendi, oma buat sesuatu buat wendi yang berhubungan sama olahraga karena wendi selalu bilang mau OR lagi tapi gak jadi2, males terus..
tahun ini gue dibuatin surprise sama family gue dengan buatin gue BOTOL SAMBEL ABC jadi hadiahnya masukkin kedalam situ..
dibuatnya dari pot bunga gitu .. kenapa gue dibuatin botol sambel ABC?? karena gue pecinta sambel dan selalu makan sama sambel, sampe mereka bilang gue makan cuma rasa sambel doang bukan rasa makannya, padahal mah sambel penambah nikmat aja, tetep aja rasa makanan, ia kan sodara2 pecinta sambel laennya???
dan di situ gue dapat hadiah novel, jepitan rambut, kalung, topi dan syal ski, gak sebanyak hari kemarinnya, hehehe…
terus dinner gitu dan udah deh balik ke rumah dengan selamat sentosa…
selesai part sinterklaas…
foto2nya bisa diliat disini..

sekarang gue lanjut pas Christmas atau bahasa belandanya KERST^^
nah pas itu gue sama family inti gue tukeran kado, gue kasih mereka barang buat dapur lah, gue sendiri gak tau namanya apa, dan gue kasih F, dress winter dan baju sinterklas.. gue dikasih buku sudoku 2 biji (gue lagi tergila2 sama sudoku akhir2 nih), dan seperangkat ritual ( itu peralatan mandi lumayan mahal lah)..
nah ini sama kaya sinterklaas, kita ngerayainnya 2 hari, hari pertama bareng family brandt, hari ke 2 bareng family Mennen..

nah kalau buat family Brandt, peraturannya tiap tahun mereka bakal bergilir, dari rumah Opa Oma, tahun depannya ke rumah Charles-Vanessa dan tahun depannya ke rumah Gregor-Wendi.. nah yang jadi tuan rumah masak menu utama, yang sisanya masak dessert dan 1 kel lagi masak appetizer…
jadi karena tahun ini di rumah Gregor-Wendi, jadi mereka udah prepared banget semuanya, masang pohon natal 2 minggu sebelum kerst, terus sehari sebelumanaya bener bener prepared buat semua2nya, termasuk belanja buat masak 2 hari, karena 2nd Kerst, family Mennen bakal kesini, dan Gregor-Wendi (GW) musti masak dari appetizer sampe dessert..
Itu peraturan family Brandt, semua orang musti masak, jadi gue juga musti masak, walaupun cm 1 macam dan kecil, jadi deh gue buat lumpia lagi lumpia lagi, tapi mereka doyan!!!!!!hahahaha…
gue buat 60 lumpia buat 2 hari dan memakan wakitau 2, 5 jam, hahahha…

Dinner hari pertama pun dimulai. Jam 5an start dengan AMUSE.. jadi AMUSE itu, makanan sekali gigit (onih bite) maksudnya makanan kecil aja yang sekali masuk mulut.. oma Brandt buat makanan itu, enak abis, terus udahannya lumpia gue.. Nah lumpia gue termasuk AMUSE tuh, karena termasuk kategori sekali gigit…
terus setengah 7 duduk dimeja makan dan mulai appetizer…
Oma Brandt buat appetizer enak banget, segala foto bisa liat disini nih…
terus GW masak menu utama dan Charles-Vannessa buat dessert..
gue suka banget sama winih dessert, manissss banget, karena gue suka winih manis:)
dan dinner itu sampe jam setengah 11…
jadi abis makan satu, ngobrol2, nunggu yang laen masak, ngobrol lagi, gitu aja…
dari setengah 7-setengah 11, EMPAT JAM BUAT DINNER!!!!
tapi buat mereka disitu specialnya, termasuk bahan2 dan winih nya pun kudu spesial, karena ini emang spesial banget acaranya…
anyway, gue malamanaya tidur pules abis, gue minum 4 gelas wine, gilaaaaaaa, winih terbanyak dalem 1 malem yang gue minum…!!!

start 2nd kerst, btw ya, ada crita unik nih, buat orang belanda 2nd kerst itu adalah hari buat pergi ke toko furniture…gak tau kenapa tapi pas 26 des, semua orang, gak semua seh most of people pergi ke toko furniture buat beli furniture baru. jadi bisa dipastikan semua toko furniture ramenya gak ketulungan deh pas 2nd kerst…
nah, hari ke2 mulai prepare jam 11an gitu lah, GW masak buat malem nya.. Jam 3an gitu Opa – Oma Mennen dan Patrick-Saskia dan Stijn datang…
jam setengah 7an duduk lagi di meja makan, appetizernya asia gitu , lumpia gue (dengan bangga menyebutkan, hahaha), terus sate dan acar dan krupuk..terus menu utama fondue gitu , tapi normal fondue, jadi pke minyak bukan chocolate atau keju dan dessert nya es..
malem nih lebih parah, soalnya abis dinner msh maen game dulu sampe jam 12..jadi dari jam setengah 7-12 malem:((
dan family ini nginep disini semuanya, jadi asyik2 aja seh sampe tengah malem dan besoknya gue libur, jadi seharian gue tidur menetralkan diri dikamar gue, sore2 gue bangun, turun dan kelaperan, hahaha…
selesai deh kerst gue…

btw ya teman2 dan sodara2 sekalian, gue akhirnya ngerasain WHITE CHRISTMAS …
disini ini, bisa white Christmas luckyy banget, biasanya salju datang awal winter dan cm beberapa hari, tapi tahun nih banjir salju bisa dibilang seh doa gue bener bener didenger Tuhan, gue minta salju kan, gue liat salju ampe eneg, bahkan gue pernah sampe gak bisa pulang dari den haag, dari rumah velly karena badai salju dan gak ada kereta sama skali, karena salju yang parah:((
bahkan sampe sekarang msh snowing dan dingin banget , padahal harusnya udah mulai naik dari titik freezing tapi ntah mengapa tahun nih parahhh banget snow dan dinginnya:((
jadi gue white Christmas , white new year juga dengan kedinginan:(

sekarang new year gue, gue gak ada foto2 seh, soalnya biasa aja dinnernya..
temennya GW datang, terus makan bareng ngobrol2 dan jam 12 pas buka champagnih sambil cipika cipiki ngasih selamat..
btw ya, kan tmana GW datang suami istri, jadi pas jam 12 teng, kan GW ciuman berdua, mereka ciuman berdua, gue cengok gitu mau ciuman ma sapa??? F udah tidur, udah aja gue ciuman sama bangku:P
gue cuma bisa diem gitu sambil senyum nunggu mereka ciuman semennit 2 manat terus baru deh cipika cipiki sama gue!!!!dasarrrr!!!
terus abis itu G bakar petasan dibelakang rumah..
keren deh, jadi se moordrecht gitu semuanya bakar petasan, KEREN GILAAAAAAAA!!!!!
kurang lebih 2 jam lah bunyi petasan dan dingiiinnya parahhhhhhh, sampe beku abisss..
disini nih ada peraturan boleh masang petasan dari tgl 30 malem jam 10 malem – tgl 1 jam 10 pagi…kalau diluar jam itu, bisa didenda, dan kalau mau beli petasan musti pesan ditoko khusus yang mulai jual dari tgl 29 doang, jadi gak disembarang tempat kaya di indo, behhhh:P
terus ada tradisi menarik nih di belanda, pas tahun baru tgl 1 jam 12 siang, banyak orang bakal ke pantai dan berenang, bukan berenang seh, cuma kaya lari ke air, basahin 1 diri dan balik lagi karena itu DINGIIIIIIIIIIIIIIIIIN BANGETTT!!!!!MINUSSSSSS X, gilaaa….!!! gue seh salut abis sama itu orang2 yang begitu tapi banyak loh yang begitu, ribuan orang tiap tahunnya…
harusnya seh gue juga ikutan ya, kan gue cm sekali seumur hidup disini, huhuh, sayang banget.. beberapa temen gue pergi th, yang dari indo lagi, mereka hebat ya tahan dingin, tapi udahannya pilekkkkk abis, hahahah…

terus masuk tahun baru, semuanyabvnormal tapi berarti semakin dekat gue balik, dari sekarang seh itungannya 3 bulan 13 hari lagi:((
terus tgl 23 jan kita pergi ski, sehari abis birthdaynya G..
gue kasih dasi WE ke dia, dia suka seh, lumayanlah, walaupun gue gak pernah liat dia pke dasi:P
terus tgl 23 subuh kita berangkat dari sini jam 3 itu menyesuaikan sama jadwal tidur F, biar diperjalanan dia tetep tidur dan gak rewel.. makan waktu 10-11 jam lah, standardnya seh 10 jam, cm kan berhenti ke toilet sama biar F nya bisa maen2 bentar dan gak rewel, akhirnya jam 2an kita nyampe…
sebernanya gue pingin banget nulis lengkap dari hari pertama gue balik belanda, tapi emang gue males aja update nih blog, hahahah…
terus jam 2an siang kita nyampe, masuk2in barang ke apartemen, gilaaaa apartemennya udah dipojok, diatas pula, kan susah kalau mau bawa F, musti bawa kursi dia ke bawah baru dia nya, mana kita berat pke jas tebel, sarung tangan, booth buat dia, juga pke baju tebel dan kursinya sekalian, bisa pingsan dan kurus duluan gue:((
terus abis itu kita belanja buat keperluan makan dan rumah..
jadi rumahnya lengkap banget
semuanya ada, termasuk wash machine buat piring, oven, microwave, semuanya deh ada, tinggal lu belanja aja mau masak apa…
terus udah gitu abis belanja, makan dan setengah 7 semuanya udah tidur..
capeeeeeeee abisss ditambah gak ada hiburan apa2…
tiap hari gue tidur jam 7 karena gak ada internet, gilaaa deh gak ada internet, gak kebayang balik indo gak bisa nonton Youtube sesuka jidat gue, gak bisa buka banyak web dengan cepat dan gak bisa nonton online, huhuhuh, tersiksa kayanya…
terus hari pertama, sesi eprtama dimulai dengan GW pergi dan gue bareng F di rumah, mereka balik pas lunch terus abis itu gantian gue sama W yang pergi…
W ajarin gue..
ini PERTAMA KALI seumur hidup gue, gue cobain ski, sepatunya berat nya seh gak kira2, mau jalan aja susah nya luar biasa, , ,
terus gue sama W ke tempat yang buat pemula, gampang banget deh, dan gue bisaaaaa…hahaha..
gue bisa meluncur dan stop…
jadi awalnya gue belajar gmana kasih tekanan dan speed buat ski gue…
hari pertama lancar, tapi gue udah mau mati gitu rasanya abis ski, mana pulang gue jalan pke sepatu ski dan gue jatuh dari tangga, itu ski kena kepala gue, berat abis gitu..

terus kita dinner ke resto dan makan RACHLETTE (kalau gue gak salah)..jadi itu makanan WAJIB buat ski dan makanan prancis asli…
jadi keju yang gede banget kaya keju gouda, tau gak keju gouda?? kalau gak ada tuh foty nya adi FB gue, hahaha, nah setengahnya itu ditaruh di atas api dan dilelehkan, ntar kita makan keju yang meleleh itu dan taruh diatas daging kita deh..
begonya gak ada yang bawa camera, gue gak bawa tas, GW gak bawa hp juga, jadi deh kita menyesali kenapa gue gak bawa camera dan diskusi gimana supaya anext time gue bisa dapat foto itu makanan, hahaha…
terus balik gue tepar tidur..
besoknya snowing jadi pagi2 gue belajar bareng G sampe lunch…
gue belajar turn dan gimana mem-finishkan turn gue, itu gunanya buat kalau ditempat terjun buat mengatur speed kita musti memfinishkan turn kita…
balik abis lunch terus GW pergi deh maen, mereka balik sore, jam 3an gitu terus kita jalan2 ke La Plagne center, mereka beli sarung tangan baru…
terus balik dinner dan teparrr….
hari ke3 nih paling sulit dan menegangkan..
jadi pagi nya gue sama W pergi belajar, kita mau pindah tempat nih, ke yang gampang juga, cm melewati tempat yang susah…
nah rintangan pertama gue jalani dengan sempurna walaupun buat mereka yang bisa ski palingan 30 detik dan buat gue SETENGAH JAM….
terus udah deh lancar sampe ke part susah ke2..
itu terjun banget dan gue ketakutan bakal meluncur dengan kencang dan tidak selamat, so gue mulai sedikit merengek2 sama W gak jelas gitu , asli gue ketakutan abis, bener aja kan, sampe 1 titik, gue jatuh dengan semuprna, meluncur tanpa sarung tangan, megang dingiinya itu salju dan meluncur aja gitu ke bawah dari puncak gunung dengan ketakutan kalau gue bakal mati dan gue lagi menuju kematian gue…
gila, gue bener bener takut abis, gue meluncur kencang ke bawah, gue sampe beroda, teriak2 minta tolong ke Tuhan, manggil2 W, tapi emang bener seh, ada pada 1 titik dmana lu bakal berhenti, salju bakal tahan lu, itu pasti, jadi kalau jatuh gitu , emang lu haruos biarin diri lu seenteng mungkin, jangan coba ngelawan dan berusaha gmana, karena percuma, cm diem aja, disatu titik, salju bakal tahan lu dan lu bakal berhenti…
abis itu gue ketakutan setengah ampun..
perjuangan blm selesai, gue msh hrs meluncur setengah terjunan lagi, yang gue selesaikan setengah jam lagi, huuufhhhhh, , , gue gak enak gitu sama W L terus blm selesai
kita naik chair lift. jadi lift kursi gitu, nah masalahnya liftnya gak berhenti, jadi begitu kursinya datang lu musti pke feeling duduk dan pas pada tempatnya lu musti turun dia juga gak berhenti, jadi pke feeling lu pada satu titik musti berdiri dan ski meluncur kalau gak bisa kena orang belakang atau chair lift nya nendang lu…
gue selalu jatuh, selalu jatuh dan gak bisa berdiri dengan sempurna…
pas di lapangannya buat ski seh gue bisa, gue udah bisa ski, cm di chair lift nya gak banget deh, gue selalu jatuh, huhuh…
abis perjuangan juga itu, besoknya gue gak mau ski lagi…
kan emang GW mau ski seharian, mereka mau ambil rute panjang gitu buat ski, jadi gue bilang ke mereka kalau mereka bisa ambl rute itu besoknya, jadi gue bakal bareng F jalan2 aja, shopping, hahaha…
terus udah deh besoknya gue jalan2 sama F, tapi gak ada bedanya sama ski, cape nya sama ngedorong F nanjak2 gitu jalannya, pas balik rumah legaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaanya gak ada duanya…
terus besoknya kita ski lagi..
gue ski buat terakhir kali nya, nah gue pergi bareng G. senengnya dia lebih kuat dari W, jadi at least dia bisa nolong gue dan banyak yang gak bisa dilakuin W bisa dilakuin G karena dia lebih kuat dan G lebih jago emang dari W buat ski…
pergi lah gue buat penutupan ski gue, mereka juga mau buat video gue ski biar bisa dipajang di FB, haha, gue terharu pada kebaikan mereka:)
terus mulai lah rute yang sama dengan W, pertama gue bisa melewati nya yang pertama dengan W setengah jam sekarang jadi 20menitlah, hahaha, terus sampe ke rute yang gue jatuh, gue udah bisa lah buat ski gak jelas supaya gak jatuh dan sampe titik yang terjal banget , akhrnya gue ski dibelakang G..jadi gue ski sambil megang dia dibelakang gitu , dia yang ski gue ikutin dia spya gak jatuh dan selamat smpe bawah…
susah dan menakutkan, tapi gue selamat juga sampe dbawah, hahaha..
terus chair lift lagi, sekali pertama jatuh, 2x jatuh tapi ke 3x nya gue gak jatuh lagi, gue bisa berdiri dengan sempurna dan ski menjauh dari chair lift, gue senenggggggggggg!!!!
terus gue juga buat video tentang ski gue, G sh yang rekam gue ski gitu , hahaha…
terus selesai dh hari ke 4…
hari ke 5, gue gak ski, GUE ski penutupan, karena besoknya kita balik, terus besoknya sabtu subuh jam 6 kita cabut balik ke Belanda
gilaaa, gue gak enak badan banget, demam gitu dan mual dan lemes banget , pokoknya sakit gitu lah, gak enk abissss, mana si F reweeeeeeeeeeeeeel luar biasa dan gue musti tenangin dia disaat gue juga sakit banget…emosi dah, pingin cepat2 nyampe ke Belanda…
akhrnya jam 4an gitu nyampe deh ke Belanda. snow lagi disini dan begitu masuk rumah, dingiiiiiiiinnnya, 15 derajat doang ddalem rumah..
bisa bayangin kan AC aja cuma sampe 16 derajat dan pasti udah mengigil2, gimana gue disini serumah2 15 derajat, huhuhu…
terus istirahat bentar, buka internet, akhrnya nemu internet lagi…kabar2in semuanya, janjian skype sama roger terus dinner..

abis itu gue balik lagi skype sama roger sampe jam 11an gitu, terus gue tidur dengan amat sangat lelah, huhu..
selesai deh eprjalanan ski gue yang menantang maut, hahaa… nih foto2nya disini
seneng dan seru seh, pgn maen lagi, tapi pliss jangan pke jatuh lagi:P

gilaaa, gue ngerangkum semua crita gue dari pagi-malem nih nulisnya, hahaha..
tapi selesai juga, sebernanya gue masih ada crita soal Valentine kemarin, tapi besok aja deh, biar ganti judul, malas juga yang baca kalau semua crita dijadiin 1, hahaha..
at least gue seneng blog gue nambah lagi, dan mudah-mudahan abis nih gue ttapi rajin nulis, hahaha…

sinterklaas dan santa claus

gue baru tau kalau ada sinterklaas sama santa claus…
jadi disini ini ada 2 perayaan natal yang gede..
satunya sinterklaas day tangal 5 desember dan satu lagi Christmas yang simbolnya santa claus 25 desember..

sinterklaas ini yang punya temen namanya Zwarte pit..
sinterklaas bakal ulang tahun tanggal 6 desember, nah sehari sebelum dia ulang tahun dia bakal bagi2in hadiah ke semua orang2 dan anak2..belanda bener2 merayakan tradisi ini dimana setiap tanggal 5 semua keluarga bakal ngumpul dan tukeran kado…
sinterklaas selalu dibantu Zwarte pit.. nah Zwarte pit ini kenapa item, karena dia yang kerja, dia yang turun ke cerobong asap rumah2 dan memberikan hadiah buat anak2 yang baik…
biasanya anak2 sini percaya akan sinterklaas yang selalu datang dan memberikan hadiah buat anak yang baik tapi kalau anak nakal, Zwarte pit bakal masukkin ke karung dan ngirim tuh anak ke Spanyol (legendanya)..
dulu waktu gue kecil dan tinggal di menado, gue percaya banget nih cerita, gue percaya kalau sinterklaas selalu ngasih kado dan gue takut banget sama Zwarte pit, sekarang gue tau itu kado disiapin sama bokap nyokap gue, mereka yang bungkusin, mereka yang nyiapin semuanya, terus kasih deh ke sinterklaas, biasanya seh sinterklaasnya dari gereja, jadi ada koordinasi dari pihak gereja sama orang tua, kalau emg orang tua mau rumahnya disinggah sama sinterklaas ntar daftar dan ngasih hadiahnya, nah pura2 nya tuh sinterklaas deh yang bawa:P

dan setelah sekian tahun gue gak lihat sinterklaas lagi secara langsung -semenjak gue pindah ke pekanbaru – akhirnya tahun ini gue lihat lagi disini..
gue beli kado buat sekeluarga besar buat nanti bakal tukeran tanggal 5 dan 6 des dirumah 2 kel besar…

nah kalo santa claus itu cuma simbol buat Christmas tanggal 25 des..
santa claus dan pohon natal itu semua buat 25 des…tetep bagi2 hadiah, cuma kayanya gak seheboh 5 des deh…
cerita lengkapnya bakal gue ceritain setelah hari H, hahaha…

oia, tradisi disini setiap sinterklaas day, semua orang bakal dapet chocolate letter, inisial nama sendiri sama sinterklaas bakal bagiin pepernoten, itu permen khusus buat sinterklaas day…
sekarang gue udah nyiapin semua kado, tinggal 4 lagi, buat opa – oma Brandt dan Mennen, terus gue harus buat poem buat F… buat poem sih gampang masalahnya harus dalam bahasa belanda, apa yang harus gue tulis??