Curhatan tentang Aupair

 

Picture 220

Sailing with Smiling Faces

Tulisan ini udah beberapa lama di draft, cuma maju mundur terus buat nongolin, dan akhirnya gue putusin ya udah publish aja. Jadi dibacanya sambil senyum aja ๐Ÿ™‚

Jadi setelah tulisan gue mengenai Aupair (baca disini), banyak banget yang ngirim gue email. Hampir setiapย hari gue terima email yang nanya persyaratan, yang curhat, yang nanya pengalaman dan semuanya gue jawab walaupun gak langsung ย dan sebagian besar lagi gak ada kabar lagi, tapi ya udah, gue berpikir mungkin setelah mereka baca cerita gue, mereka merasa belum siap. Tapi ada juga yang makin mantab dan mereka daftar, dan setiap kali gue denger ada yang berangkat, gue juga berasa seneng banget, karena buat gue pengalaman Aupair itu luar biasa banget.

Nah semenjak kurang lebih 1,5 tahun terakhir, minat host family sama Aupair Indonesia berkurang drastis banget. Yang gue tau tahun lalu berangkat aja cuma beberapa orang, sedangkan pas zaman gue jadi aupair, Indonesia termasuk negara favorit yang dicari karena menurut para host family orang Indonesia termasuk yang ramah, ringan tangan membantu dan tau aturan, sampai-sampai aja pas gue udah balik, Host family gue masih minta dicariin aupair Indonesia.

Trus gue penasaran, kenapa sekarang aupair Indonesia segitu gak ada yang mau. Ngobrol-ngobrol lah gue sama agent nya Aupair yang di Indonesia. Jadi, dia banyak dapat complaint dari Agent Aupair di Belanda, di mana banyak host family yang complaint mengenai tingkah laku para aupair Indonesia. Kebanyakan aupair Indonesia ke sana sudah membawa tekad bulat untuk mendapatkan pacar bule, sehingga mereka menghabiskan waktu untuk clubbing, hangout dan dating ย biar bisa dapat koneksi pria-pria. Bahkan gue baru denger ada yang dipulangin gara-gara kerjaan dan hubungannya gak beres sama host family soalnya hidupnya di dekasikan buat cari cowo. Sedih.

Gak ada salah nya dengan cari pacar bule atau usaha buat dapat pacar bule, tapi seperti juga di postingan gue sebelumnya, gue bilang ituย bonus, please, jangan jadiin itu tujuan utama hidup di sana. Mungkin kaya gue ya contohnya, gue sama Jan gak pacaran dari waktu gue masih aupair, jauuuuh setelah gue balik ke Indonesia dan malah gak berpikiran buat punya pasangan bule. Yang gue sayangkan lagi adalah, dengan beberapa orang aupair Indonesia yang kelakuannya begini, eh jadi merembet ke nama seluruh “aupair Indonesia” sehingga gak ada host family lagi yang mau dan temen-temen yang emang niatnya pingin bener-bener cari pengalaman dan tinggal di luar negeri jadi gak dapat kesempatan plus kan malu-maluin nama negara yaa. Setahun waktu yang sebentar banget, kalau gak dimanfaatin explore Belanda (dan negara sekitarnya) rugi banget kan.

Gue nulis gini karena ada beberapa orang yang gue kenal yang akhirnya susah banget dapat host family karena citra “Indonesia” sudah terlanjur gak baik. Mungkin ada yang baca blog ini atau nemu blog ini karena emang pingin jadi aupair dan pingin punya pengalaman di Luar negeri, gue cuma membantu mengingatkan bahwa di luar itu, kita bawa nama negara kita, jadi mari yukkk saling jaga sikap, jadinya kesempatan temen-temen yang lain yang pingin juga cari pengalaman jadi gak tertutup ๐Ÿ˜€

Postingan ini gak sok ngajarin atau sekali lagi melarang untuk mencari pacar, postingan ini ada, karena ada banyak orang yang pingin banget ke Belanda buat cari pengalaman jadi gak bisa karena image nya aupair Indonesia sudah kurang baik.

 

Advertisements

Aupair

Image

Banyak yang nanya kenapa dulu gue bisa ke Belanda dan tinggal di sana setahun. Jawabannya gue dulu ikut program Au-Pair.

Jadi Au-Pair ini adalah program pertukaran kebudayaan, dimana kita tinggal dengan host family kita buat setahun, dapat kursus bahasa Belanda dan uang saku, dan kita tugasnya adalah membantu host family menjaga anak mereka. Bukan pembantu koq, tenang aja, bukan juga baby sitter atau nanny, karena kita kerjanya gak full time ๐Ÿ™‚ Tugas Aupair yang paling utama adalah bersama anaknya host family ketika mereka kerja. Kalau pengalaman gue dulu, gue anaknya umur 8 bulan pas nyampe di sana. Masihhh beibiiii banget dan anak pertama. Dua-dua family nya kerja full time, 4 hari seminggu. Papa nya tiap Rabu kerja dari rumah dan mama nya tiap Jumat. Nama anak nya Frederique Brandt. Banyak yang bilang kaya cowo, dari nama sampe muka, tapi dia CEWEEEE ๐Ÿ˜€

Nah kalau gue dulu karena anaknya masih beibi, jadi otomatis dia sama gue terus seharian (gak seharian juga, karena dia bangun pagi diambil sama mamanya, tidur juga dia sendiri di kamarnya dan mama nya yang nganterin dia tidur sambil bacain cerita dan yang mandiin juga mamanya). Jadwal gue dari pagi sampai dinner time sama dia hari Selasa sama Kamis. Kita berdua di rumah, main, nonton, foto-foto, jalan-jalan, apa ajalah sama dia. Senin dia ke Day Care Center, jadi biarpun udah ada gue di rumah, nyokap bokapnya tetap pingin anaknya bergaul (dari umur 4 bulan dia “bergaul” di daycare) ๐Ÿ™‚ rabu gue setengah hari doang, pagi aja, siangnya kalau papanya udah bangun, dia main sama papa nya. Jumat juga setengah hari, mama nya pagi suka masih kerja video conference, abis lunch gue free sampai senin lagi ๐Ÿ™‚ Emang banyakan free nyaaa gue, dan weekend juga gak pernah dimintain tolong buat jaga. Karena masih anak pertama jadi mereka masih excited banget selalu pingin bareng Frederique.

Gue jelasin tugas standard nya Aupair. Jadi kita selalu bersama anaknya, temenin main atau nganterin ke sekolah ketika mereka udah masuk sekolah, nyiapin makan siang buat anaknya, membantu membereskan mainan anaknya (membantu loh namanya. Jadi kalau anaknya udah mulai ngerti diajarin buat abis main simpen lagi, kalau Frederique yang masih kicik, mau gak mau gue yang beresin), belanja ke supermarket (ini bagian yang paling gue suka ๐Ÿ˜› Jalan sore sama Frederique, beli roti atau makan malamnya dia, soalnya dia makan malam sampe umur 12 bulan masih makanan botol yang tinggal dipanasin di microwave), nyuci piring (ini ada mesinnya koq, jadi taruh semua di mesin dan kalau udah selesai diatur lagi di tempatnya) dan nyuci baju (tapii tenang aja, gak kaya disini koq, disana semuanya pakai mesin, mesin pencuci sama pengering. Kalau gue dulu cuma bajunya Frederique doang tiap senin gue cuci, trus lipet aja, gak pakai setrika-setrikaan koq), sama ngebersihin rumah tapi yang bener-bener kotor dimainin sama anaknya. Ada peraturan mengenai besaran luas yang bisa kita bersihin, kita gak boleh ngepel serumah-rumah, atau bersihin kaca/kolam renang, kita bisanya light household, artinya yang bener-bener ringan. Dulu di tempat gue ada cleaning lady seminggu sekali datang, sisanya pas Frederique kalau makan siang rotinya berantakan, gue vacuum aja di daerah sekitar tempat duduk dia, cuma 5 menit bersihhh ๐Ÿ˜€

Kalau dari sisi Host Family ya. Host family haruslah mereka yang terpelajar, ngomong Inggris aktif dan ย berpenghasilan bagus (karena mereka mengeluarkan uang yang cukup besar buat menjamin kita, buat tiket, asuransi, dkk). Mereka adalah orang-orang yang open minded banget, apapun yang lu rasakan, lebih baik diomongin. Misalnya ketika mereka minta tolong kita untuk jagain anaknya pas weekend, tapi kita udah buat janji, nah itu bisa diomongin, mereka negotiable banget. Mereka juga gak ngebeda-bedain kita, apa yang mereka makan, itu yang kita makan sebagai dinner. Bahkan kalau pengalaman gue, kalau ada acara keluarga gue selalu diundang dan disuruh duduk aja, nanya mau nya minum apa.ย Host family kita adalah orang yang akan bertanggung jawab selama setahun penuh dengan kehidupan kita. Uang tiket, visa, insurance juga dapat dari host family. Kita makan free di rumah mereka, tinggal free selama setahun, dapat kursus bahasa belanda (gue kursus nya di Smiling Face seminggu sekali dan dianter jemput sama host dad gue ๐Ÿ™‚ ), dan dapat uang saku. Fasilitas yang standard yang harus kita dapatkan adalah kamar pribadi (kalau hoki bisa dapat kamar mandi pribadi juga, kaya gue dulu dapat kamar mandi sendiri di kamar), televisi, komputer/laptop dengan internet, HP, dan sepeda.

Ada rules yang bener-bener mengatur mengenai kehidupan Aupair di Belanda koq, jadi jangan takut. Host Family juga selalu menganggap kita bagian dari keluarga mereka, sampai Om Tante, Oma Opa baikkk semua selama kita juga sopan dan tau batasannya ๐Ÿ™‚ Bukan berarti gue gak pernah nemu Aupair yang bermasalah ya, ada koq yang bermasalah, dan itu gunanya juga kenapa pas kesana gue pake Agent yang bener-bener terpercaya. Gue pakai Smiling Faces. Mereka juga ngeliatin kamar kita koq apakah sesuai dengan prosedurnya atau gak. Kita juga akan dapat waktu libur setiap weekend dan 2 minggu full dalam setahun itu (dulu gue dapatnya 3 minggu :)). Kita juga dibayarin untuk ikut outing para Aupair sedunia. Nah dalam setahun ada 4 outing setiap season, tapi dibayarinnya berapa tergantung family, ada yang cuma 2, ada yang 4-4 nya.

Image

ini pas kita lagi mau outing sama seluruh Aupair di bawah Agent Smiling Faces dari seluruh dunia ๐Ÿ™‚

Nah syarat sebagai aupair, umur 18-30 tahun, bisa berbahasa inggris aktif, bertanggung jawab, dan mau belajar hal-hal baru sama jangan takut. Keliatannya emang gampang-gampang susah, gampang mungkin karena tugasnya gak berat tapi susahnya adalah ketika winter dan homesick. Homesick itu menyiksaaa banget, apalagi kalau mulai sakit karena dingin >.< Dan kita juga musti sadar, mereka itu bener-bener berbeda dengan kita cara hidupnya. Mereka adalah orang yang direct kalau ngomong, kalau gak suka ya mereka bilang gak suka dan On time bangettttt. Mereka juga adalah orang yang perhitungan ketika hari biasa, jangan kaget kalau misalnya mereka minta bon abis kita belanja (dulu seh gue gak, cuma beberapa Aupair ada yang begitu), tapi kalau liburan mereka akan sangat foya-foya. Gue pernah dikasih hadiah SInterklaas sama host family gue liburan ke France selama seminggu buat ski-ing. Jadi mereka emang tiap tahun ada wintersport holiday, nah karena gue selalu bilang pingin liat salju (okelah, awal-awal kan norak :P) dan mereka bilang Belanda jarang banget bisa salju panjang jadi mereka nyiapin ke France buat ski-ing disana. Gue disewain alat nya buat seminggu yang mahal trus di ajarinn (walaupun gue sempat jatuhh dengan mengerikannya dan gue pikir gue bakal mati di dasarnya >.<), tapi in the end pas gue udah bisa, gue divideoin buat jadi kenang-kenangan katanya ๐Ÿ™‚

Nah caranya gue kesana adalah pakai agent yang akan mencarikan kita host family yang cocok dan arrange waktu interview kita sama mereka. Jadi tenang aja, gak buta-buta juga koq, kita akan lihat mereka dan akan diinterview. Kalau kita gak sreg bisa nolak koq ๐Ÿ™‚ Prosesnya gue makan waktu dari awal daftar, lengkapin semua sampai berangkat itu 6 bulan, lamanya karena gue ngisi emang cukup lama dan pas mereka ngurus kartu gue disana mereka juga pas pindahan rumah, jadi makin lama deh.

Gue seh gak pernah menyesal pernah ikut program ini. Pas lulus kuliah, gue langsung ke sana setahun, bener-bener ngasih wawasan baru, dan gue bisa menikmati hal-hal yang kalau kudu gue bayar sendiri, duitnya gak ada kakak ๐Ÿ˜ฆ

Image

Ini foto waktu birthday Frederique yang pertama. Yang 2 cewe itu sepupu-sepupunya Frederique. Lucu-lucu apalagi yang kecil, namanya Bloeme. Dia suka buatin gue stiker gambar kalau ketemu atau pas Sinterklaas day (5 Desember) dimana semua anak kecil percaya ada SInterklaas yang kasih mereka kado, dia cerita kalau dia nulis surat ke Sinterklaas, bilang dia punya teman baru, Aupairnya Frederique, namanya Astrid, nanti Sinterklaas jangan lupa kasih Astrid kado yaa. Sweeeeet bangettt ya โค :*

Image

Nah ini host family gue sama keluarga dari host dad gue. Ini waktu Christmas Dinner. Makanannya spesial, masaknya juga seharian ituuu >.<

Dibalik semua cerita keseruan gue jadi Aupair, saran gue (macam berpengalaman sekali nak*) kalau memang sudah kesana dan punya kesempatan itu, dipakainya beneran buat belajar dan explore hal-hal baru, misalnya travelling ke negara-negara eropa yang itungannya cukup murah dengan uang saku Aupair kita. Jangan menyia-nyiakannya dengan punya tujuan *gue harus dapat pacar bule* sehingga menghabiskan waktu kencan dengan berbagai bule atau malah kaya kuda lepas kandang, yang berasa bebas trus semuanya dicoba sampai yang gak benar ๐Ÿ˜ฆ Beberapa Aupair indo yang gue kenal juga ada yang gitu, kan sayang banget. Untuk punya pacar bule, jadiin itu bonus tambahan, jangan dikira gampang koq ๐Ÿ™‚ Manfaatin setahun dengan bener aja, karena setahun bakal berlalu sangattt cepat ๐Ÿ™‚

Kalau memang ada yang berminat dan pingin nanya-nanya bisa tinggalin koment aja, dengan senang hati pasti gue bantu ๐Ÿ™‚

Frederique

pernah gak lu kangeeeeeeeennn bgt sama sesuatu hal tapi lu tau itu gak akan pernah bisa balik lagi mau gimana juga?

gue lagi kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnn bangettttttttttttt bangeeeeettt bangettttt sama Frederique Brandt. Pas gue nyampe belanda she was 8 months old. Jarang bangettttt nangis, dia selalu ketawa selalu happy..
dari dia awal duduk, guling2, ngomong2 bahasa baby sampe jalan gue liat dia…
gue bener2 kangen dia, tp gak mau pas dia udh gede sekarang, gue mau pas dia masih kecil dulu sama gue, yg ngoceh2 cerita ke gue kalau gue abis pergi wikend lama bangett, yg bandel banget mainin kaus kaki dia kalau gue dorong di chair dia buat ke super de boer shopping makanan, yg centil banget kalau ada yg dateng, yg sok2 malu2 waktu rumah lagi rame, terus kalau dipanggil dia sok2 smebunyi dibelakang gue tapi ngintip2, terus yg doyan banget makan lays gue, pernah nih gue skypean sama gilda, dia gue dudukin di meja, terus diem2 ambil lays dan makan dan pas gue liat dia, dia diem bungkem,paraaahhhh bangettt…

i really miss that moment, pernah waktu satu pagi gue turun sama dia buat sarapan bareng, dia belum setahun deh, terus pas itu senin, tiba2 dia ngambil tangan gue dan letakiin tangan gue di pipi diaaaaa:)
atau pas gue pergi lama banget, long wikend gitu, gue nginep di temen gue, balik2 dia lagi dinner, terus dia ngoceeeeeeeehhh panjang cerita ma gue pake bahasa dia tentunya..
gue kangennn bau diaaaaaaaaaaaaa…….

RIP Opa Brandt


RIP Opa Brandt :((

Dia itu opanya Frederique n Xaf, family yang gw tinggain waktu di Belanda.
Dia bokapnya G.

Gw masih inget pertama kali gw ketemu dia waktu dia kerumah G pas Rabu buat ngebersihin rumah barunya G dan dia ngobrol2 bilang dia pernah ke Indo tahun 90an sama Oma Brandt, 3 bulan menjelajah sumatra, kalimantan, sulawesi trs ke malay n thailand.
DIa bilang dia suka indo dan nasi:D
Dia selalu happy dan yang paling melekat dengan dia adalah BIR.
Dia suka banget minum bir, buat dia bir itu air putih ๐Ÿ˜€
Dia jemput gw nginep waktu gw sendirian dan G, W n F lg ke ausie.
trs benerin heater waktu rusak dan dirumah gk ada orang.
selalu suka mengobrol dan selalu baik ๐Ÿ˜€

waktu kemarin pagi dapat email dr G, gw sedih banget. Dia meninggal karena heart attack yang tiba2 banget ๐Ÿ˜ฆ
wish i was there, at least to say thank you.

I’ll always miss you Opa and jij dieke buik ๐Ÿ˜€

Last Dinner

Jadi Jumat malam kemarin itu, Gregor bilang sebagai LAST DINNER just four of us…
looks so sad for me, soalnya sekarang gue tinggal menghitung hari mundur gue buat gue pulang ke Indo…
jadilah tadi malam gue dimasakin makanan yang gue mau dan gue pilih..
gue pilih FONDUE.. itu makanan kaya Hanamasa gitu yang musti dimasak sendiri, cuma sistem nya beda…gue pernah seh makan ini waktu dinner 2nd Christmas barengan sama Fam.Mennen…
trus gue kasih mereka figura yang lumayan gede dan isinya foto2 gue sama mereka (tepatnya sama Frederique) trus sama ucapan terimakasih.

Gue juga buatin kartu gitu buat semua orang, Opa Oma Brandt-Mennen dan Om Tante…
6 hari menuju Indonesia, packing sebenar2nya, sisain yang mau dipake seminggu ini, tutup dan kunci koper, bersihin kamar dan kamar mandi dan enjoy my LAST weekend ๐Ÿ™‚

Random again

long time no see in blog ๐Ÿ˜ฆ
soalnya nih laptop bermasalah lagi…
gue yakin nih dengan positif klo emang laptop/komputer tuh emang gak cocok sm gue..
masa ia gue disini setahun kompu sm laptop rusak parah 3x,blm ditambah kerusakan2 ringan,haiizz..

gue bakal cerita random nih, dari 2 minggu kemarin yang gue ke Belgium…long wikend gue disana bareng Barbara, benar2 buat capeeee, tapi fun, foto2 gak jelas, termasuk di manekin piss yg imut2,haha..
trs minggu kemarin yg long wikend juga krn senin hari libur 2nd pinksterdag (hari Pentakosta), dari jumat ke rotteRotterdam alexander, sabtu piknik yang berujung dengan masalah, minggu last gereja di Delft and senin yg leha2 n ke Rotterdam alexander lagi nganterin Yani yg pingin belanja…

jadi ini minggu terakhir gue, menghabiskan waktu bersama F berdua, leha2 bak putri raja, enjoy panas dinginnya belanda, bermain di taman belakang rumah yg ada ayunan sm seluncurannya n makan patat sebanyak2nya,hehe..

last random, email di yahoo gue sekarang ada 1234, angka yg bagus bukan??hahaha…

Madame Tussaud

weekend kemarin gue ke madame tussaud Netherland…
tadinya gue pikir gede, soalnya gedungnya gede banget emang, tapi pas sampe didalam ternyata eng ing eng, cuma kecil,1,5 jam-an lah taking2 photo gantian sm Citra udah beres semuanya,hehe..
Untung gue dapet disc card dari Wendi, jadi cuma bayar separuh, ya udahlah gue ikhlasin deh 10,50 euro gue melayang:p
anyway, gue tetep senang, setidaknya rasa penasaran gue akan patung2 terkenal itu terbayarkan sudah,hehe…
gue males upload disini, klo mau liat aja di Fb gue ya fotonya2, link nya disini
Enjoy my picture and see *lemak-diperut-gue* :((