Belajar Bahasa

Promo Erasmus

Promo Erasmus

Ciee, ceritanya mau nulis sekalian pamer jadi modelnya Erasmus πŸ˜›

Belajar bahasa itu buat beberapa orang gampang tapi buat beberapa orang juga jadi hal yang sulit. Ada orang yang gue tau bisa nguasain beberapa bahasa tapi ada juga yang susah banget buat belajar satu bahasa lain selain bahasa Ibu.

Kalau gue, gue coba kategorikan diri gue di rata-rata, gue gak bisa bilang juga kalau gue gampang belajar bahasa, gue pernah coba les Mandarin, tapi gue menyerah karena kurangnya chemistry di antara kami, gue nyoba cuma 4 bulan dan gue langsung menyerah, sayang banget seh. Itu pas gue masih SMP les nya dan les gue private barengan sama anak SD. Gue udah gak ketemu lagu nya, tiap gue ngomong, itu anak-anak SD ngetawain gue, tampah ciut nyali gue, trus ya gue berpikir, ya sudahlah ya, mungkin memang gue susah lidahnya buat mandarin.

Begitu juga sama les belanda, Sebelum aupair gue les di Indo, beuh boro-boro, gue cuma bisa bilang “Ik ben Astrid” hahaha. Pas di Belanda setahun, gue bisa beberapa kata, ngomong sedikiiit banget, tapi gue tetep belum paham dengan tata bahasa belanda.

Setahun terakhir gue les Belanda di Erasmus, gue baru bener-bener ngerti tata Β bahasa dan bener-bener ngerti kalau Bahasa Belanda itu susah banget ternyataaaaaa 😦 Β Perasaan baru juga bisa satu format kalimat eh muncul lagi format kalimat baru, kapan pinternya yaa? πŸ˜›

Memang cara belajar gue juga belum bener, gue jarang praktekin bahasa Belanda gue, dimana kata orang buat bahasa ya emang kudu praktek kan, gue bener cuma belajarnya pas kelas sama kalau ada PR aja, selebihnya jarang. Β Denger lagu juga jarang, nonton gak pernah, gue malah tetep nontonnya seri barat >.<

Beberapa orang yang gue kenal itu latihannya juga dengan nyobain terus, biarpun salah, tetep aja dicoba, masalahnya kadang gue suka gak berani buat nyoba karena takut salah itu huhu. Kalau sama Jan, palingan praktek whatsapp beberapa kalimat, abis itu gue nya bingung deh, gue pake bahasa Inggris lagi, gitu aja bolak – balik.

Kadang gue suka agak desperado sendiri kalau mikir nanti gak bisa bahasa Belanda pas di sana terus begimana ntar nyari kerja nya? Kejauhan ya mikir nya, cuma ya somehow itu emang musti dipikirkan juga kan? πŸ˜›

Ada yang punya ide gimana cara belajar bahasa yang efektif?

20 thoughts on “Belajar Bahasa

  1. Praktek, praktek, dan praktek. Itu yang di aku efektif Astrid sebagai yang sedang berusaha keras lagi belajar bahasa Belanda. Mau sepintar apapun teori yang sudah kita punya tapi kalau ga praktek rasanya tetap susah bisanya. Dan memang praktek yang paling mujarab langsung sama partner atau keluarga, selebihnya beranikan diri kalau belanja atau lagi keluar PD jawab kalau ditanya pakai bahasa Belanda. So far itu pengalamanku selama 3 bulan disini. Aku kan ga ada modal sama sekali bahasa Belanda. Jadi ya awalnya cuman modal nekad, tapi sejak sebulan ini sekolah, jadi makin PD ngobrol sama suami dan keluarga disini. Kalau kepasar juga sudah sok2an nawar hehe. Banyak baca, lihat TV atau film bahasa Belanda. Ah, akupun masih kesusahan banget ini memahami beberapa grammarnya. Oh iya satu lagi, jangan ngambekan kalau dikoreksi kesalahan kita dimana hehe. Maaf panjang komennya, pengalaman pribadi. Semangat terus Astrid belajarnya πŸ™‚

    • Iaa gapapa banget, seneng denger masukannya :D. Btw mba, kalau gak keberatan boleh minta email nya gak, aku boleh nanya2 soal sekolah disana gak? Prepare aja seh, biar pas pindah gak shock haha, kaya berapa duit dan berapa lamanya, tengkiu sebelumnya ya mba :). Makasih dan semangat juga Mba!

  2. Pengalaman pribadi belajar bahasa asing (pertama kali bahasa Jerman) adalah interest. Kalo udah ada interest pasti jd penasaran dan nyoba terus, dan jangan ciut kalo salah atau aneh pas kamu ngelafalin ucapannya..namanya belajar kan? Yg penting basis nya Astrid, nanti kalo udah disini kan daily tuh ngomong nya sama partner atau sama orang2 jd lebih keasah πŸ™‚ Dulu aku belajar Jerman belajarnya sama anak yg aku asuh (pas jadi Au Pair)…trus baca2 buku anak2 dan film anak2 jd lebih nyangkut. Padahal udah 2 tahun sebelum brangkat ke Jerman aku les dulu di Goethe huahaha! Don’t give up yaaa! praktek aja terus.

    • Iaa mba, emang harus praktek ya mba. Btw, bhs belanda itu kenapa coba susah banget, baru berasa bisa ehh udah ada rules baru hahahha. Ia mba, harus semangat terus nih, harus sampai bisa πŸ™‚ makasih mba 😘

  3. Ya memang harus praktek lengkap dengan making mistake and learn from your mistake trus praktek lagi, making other mistake dst dst. Aku udah 20 tahun belajar bahasa Inggris dan hampir setiap hari ada aja hal yg dipelajari meski cuma belajar something simple; skedar googling cara spelling suatu kata tuh gmn sih. Trus skitar 6 bulan lalu mulai belajar lagi baca Quran (which means: new alphabet kan?), sayangnya krn belajar sendiri jadi progressnya lambat.

    • Iaa bener sh mba, emang belajar dr salah, akunya kadang kurang pede mba, takut salah, takut malu, haduh susah maju yaa hehe. Semangat ya mba belajar bava Qurannya, semoga segera bisa πŸ™‚

  4. Hai! Makasih ya udah follow blogku. Emmm aku juga pernah ngeles setahun sebelum sekolah di Belanda dan menurutku sih membantu banget. Kalo pas disini sih biasanya aku praktek dimana-mana. Bodo amat salah ato apa, hajar aja, yg penting mereka ngerti. Biasanya sih dibetulin kalo emang ada yg salah… Selamat belajar lagi yaaaa

  5. cieeeeeeeee … jd model nih ye …. hahahaha … keren ‘trid !!! kl belajar bahasa inggris aku msh bs kasih masukan. kalau gak punya temen ngobrol, biasanya baca artikel yg pake bahasa inggris, atau nulis (blog misalnya) dg bahasa inggris. kl bahasa lain, wah … gak tau apakah yg di bhs inggris bs dijadikan tips apa gak.

      • Enggak mba. Aku kan di Semarang. Jadi lesnya di tempat les disini. Tapi skrg lagi brenti, nerusin belajar sendiri di rumah sama dibantuin Ian. Soalnya mau rencana pindah ke jkt lagi akunya. Jadi mikirnya mau nerusin les di jkt aja

Leave a Reply

