Kirimin mama pulsa dunk………..

Image

Pasti udah sering banget nerima SMS yang bunyinya “kirimin mama pulsa dunk, mama lagi blablabla ke no xxxx”. Ini emang modus lama banget, udah basi, tapi masih loh ada yang gigih buat tetep kirimin sms ini. Malah berkembang kabar, kalau kita balas, pulsa kita bisa disedot :S

Trus ada juga : “Transfer aja ke rekening xxxx a/n Bapak XXXXX untuk pembayaran rumah/cicilan/ apalah” dan yang baru banget tadi pagi gue terima adalah “telpon dulu ke no xxxx sebelum ditransfer ada perubahan rekening” tanpa menyertakan nama :S

Yang penipuan model “keluarga anda dioperasi butuh uang”, itu kejadian beberapa kali di sekitar gue. Contohnya tante gue sendiri di Pekanbaru, tiba-tiba dia ditelpon katanya sama RS Awal Bros, suaminya kecelakaan butuh dioperasi sekarang juga. Tante gue histeris teriak-teriak, untung rumah lagi rame, dannnn Awal Bros dekeeet banget sama rumah tante gue, sepupu gue langsung ke RS dan gak ada nama Om gue. No telp Om gue juga sibuk gak bisa dihubungi (dan baru pas di confirm, at that time, Om gue ditelpon sama orang salah sambung tapi malah kaya diajak ngobrol, makanya gak bisa dihubungi).

Kejadian lain yang model begini juga pertama kali dialamin sama orang yang gue kenal pas zaman masih kuliah, dimana orang-orang masih HP Nokia sejuta umat dan penipuan lewat sms/telpon belum begitu rame. Ceritanya temen gue (A) sama sepupunya (B) ngekost bareng tuh sama gue. Orang tuanya ada di Rangkas Bitung. Suatu hari si A terima sms katanya dari Polda Metro bilang nomornya dicurigai dan minta di off kan dari jam xx-xx untuk penyelidikan. Karena ini gak pernah terjadi/gak pernah kita denger sebelumnya,jadi dia percaya aja, dan di off-kan lah hp nya. Disaat itu, nyokapnya di Rangkas di telp dan bilang anaknya kecelakaan butuh uang sekian buat operasi. Paniklah keluarga nyaa, nyiapin duit sambil nelpon si B buat tolong ke RS kan buat liatin si A. Nah si B lagi di kampus, buru-buru keluar jalan pulang ke kostan buat ngecek sekalian ke RS. Pas dia keluar kampus, papasan dunk sama si A yang lagi nyantai mau ngampus. Uangnya padahal udah mau ditransfer ituu, ahhh Tuhan masih sayang sama keluarga temen gue itu.

Kalau diliat dari berbagai sms yang gue terima sendiri ataupun dari orang-orang sekitar gue, gue ngerasa koq makin hari “mereka” aka si tukang tipu makin kreatif. Mau sms nya yang kreatif atau jam nya yang kreatif. Temen gue pernah di sms malem-malem, pas dia setengah ketiduran, baca sms dan kaya dihipnotis aja gitu suruh neken nomor, daaaaaaannn itu transfer pulsa >.< Gue juga pernah ngalamin kejadian yang di telpon malem-malem. Jadi ceritanya gue punya 2 nomor, satu dari kantor dan yang tau juga dikiiiit banget, hanya yang bener-bener berhubungan telpon doang untuk urusan kantor, whatsapp aja gue bukan nomor itu. Jadi, kecil kemungkinan orang yang gue kenal atau family gue nelpon ke nomor itu. Satu kali, jam 4 subuh, hp gue bunyi di nomor kantor. Gue kira udah alarm dunk, untung walaupun masih bener-bener kaget, gue masih ngeh buat liat dulu sebelum mutusin di angkat. Nomornya gak ada nama, gue diemin dan terus terang gue mulai takut. Tuh nomor nelpon sampai 3 kali. Pagi nya gue cerita di Path dan tanggapan orang-orang, itu adalah penipuan modus baru yang emang ngejarnya jam setengah sadar orang-orang buat dikagetin minta transfer >.< Plislahh, segitu nya yaa? Seiseng itukah orang-orang buat nyari duit/pulsa. Mereka juga sms kan menghabiskan pulsa dan emang apakah masih ada yang ketipu ya sama model beginian? Kadang masih gak ngerti, mereka bisa ya menghabiskan hari mikirin, “okay hari ini gue akan pakai sms yang model gimana lagi” 😦

Yang paling kocak, nyokap bbm tadi malem, cerita kalau dua hari lalu nyokap gue ditelpon cewe nangis-nangis minta bantuin dia ditahan polisi, dannnnn  nyokap gue jawab “Alhamdulillah” sambil ketawa dan matiin hp, hahahhaha…

Mudah-mudahan seh yang nipu-nipu gini berkurang yaaa, kreatifitasnya dialihkan ke hal-hal yang baikkk dunk, misalnya mikir dengan ide kreatif gimana Jakarta gak macet lagi, serius ini masalah pentinggg yang kalau bisa segera diselesaikan 🙂

Kalau kalian ada yang pernah nerima sms penipuan model lain?

 

34 thoughts on “Kirimin mama pulsa dunk………..

  1. Gile ya segala cara dilakukan untuk mencari duit. Penipu makin pinter, gagal skenario 1 bikin ke 2 dstnya. Aku pernah bbrp kali terima sms memang undian provider tertentu, langsung hapus aja 😀 .

  2. Nah iya, penasarannya juga sama. Dapet nomornya itu darimana ya?
    Tapi emang sih ngeselin banget penipuan yang bawa2 kecelakaan dll. jahat banget niat nipunya

    • Gak ngerti dapetnya juga dimana, masih penasarannn banget, Be.. Iaa, itu jahat banget, gimana kalau yang dengernya pny penyakit jantung dan shock ya? Amit2 bangetttttt 😦

  3. Haduh, paling sebeeelllll kalo dpt sms model begini, Trid. Entah udh brp kali nerima sms macem ini… capek deeehhh…. zzz….
    Itu orang2 pada pinter dan kreatif gitu, kenapa nggak jd penulis skenario aja, ya? Kan lumanyuuunnn…. 😆

    • Iaaa, mereka bisa buat ide2 kreatif gitu sambil mikir hari ini ide apa lagii ya, sayanggg salah bangettt tempatnya berkreasi >.< Tapi emang dulu sebel Mba tiap liat notif nipu gini, sekarang seh langsung deleteeee 😀

  4. Tiap kalo mengaktifkan SIM card di Indonesia SMS modus penipuan masuk. Bukan hanya 1 – 2, kadang sehari bisa 5! Dari mama minta pulsa sampe ‘Saya tertarik beli rumah anda. Tolong kontak suami saya haji X, ini nr hpnya’ Rese ya terima SMS begini. Aku ngga pernah ladenin.

  5. aku suka terima sms2 gitu Ast, biasanya minta transferlah. duh malesnya. kalo nyokap terima sms gitu suka di balesin hihi, entar aku omongin deh, jangan2 begitu dia bales entar malah disedot pulsanya ya kan

    • Aku seh gak tau Mba beneran bisa disedot pulsanya apa gak, cuma waktu itu sempet denger juga modus yang emang bisa nyedot pulsa, tapi better gak usah dibales kayanya ya Mba 🙂

  6. Halo Astrid…. salam kenal!! Sebenernya tadinya cuma mau BW aja. Tapi gatel pengen bgt komen di postingan ini. Gw ga pernah sih terima kaya ginian, since gw juga emang bukan di Indonesia (waktu gw masih di Indo si mama yang di kantor polisi itu belom ngetrend).

    Gw mau cerita, temen gw pernah dapet something yang kaya rumah sakit itu. Namanya juga panik yah, mana lah yang ngirim sms tau nama suaminya juga, langsung dia telpon balik. Dia dibilangin, katanya kalo gak dibayar DP dulu, rumah sakitnya ga mau terima. Jadi dia transfer deh tu…. Kasian banget ya?? Bikin orang panik gitu loh.

    • Haii 🙂 Salam kenal jugaa 🙂
      Ahh, langsung panik gitu ya, kasian banget 😦 Kemarin banget temen kantor baru kena, dia udah panik kan, istrinya katanya harus di operasi sekarang dannn untungnya dia ngomong gini “saya transfer ke rekening RS aja ya sekarang” dan orangnya bilang “jangan bu, ke rekening saya aja”, udah deh dia langsung curiga, hampiiir aja kena.

  7. Penipuan lewat telepon memang lagi marak banget nih, Mbak. Beberapa hari yg lalu teman saya mengalami percobaan penipuan itu. Ada yg nelepon, katanya dari polisi, menjelaskan bahwa anaknya ditangkap karena kasus narkoba. Padahal, anak teman saya itu masih kecil-kecil, hehe….

  8. Aku jg pernah tuuuh, di telepon jam 2 pagi, backsound suara ambulance, kebetulan telepon rumah rusak, bunyinya kresek2 aku tutup aja deh. Trus pernah jg bilang anaknya masuk rumah sakit. Trus pernah jg bilang “mak, ini anak mu, aku di tangkap polisi” aku lgs jawab. Sukurin biar busuk sana loe di penjara. Idiiiih. Gemeeeees. Skrg penipu jg kirim email pake pin bb mengatasnamakan rim blackberry. Macem2 aja deh. Yg sms bilang dpt mobil jg banyak. Hahaha. Semoga nanti beneran menang undian dpt mobil. Amin ya Tuhan

  9. Iya eh, makin canggih aja emang penipu zaman skrg. Tapi yg saya heran, kenapa justru setelah saya pakai nomor te******l telepon2 misterius ini makin banyak. Sampai sekarang sih saya abaikan saja mbak.

    • saya juga pake provider sama, cuma belum pernah di telpon, tapii di sms macem-macem sering, yang paling sering menang undian >.< Mudah2an yang nipu-nipu gitu cepet deh ya tobatnyaaa…

  10. dulu nyokap ku jg pernah ditelepon. pas banget lg sendirian di rumah. ngaku2x dokter dari RS bilang bokap ( bokap lg dinas waktu itu di luar kota )gue kecelakaan. dia minta nyokap transfer uang untuk biaya operasi bokap. nyokap udh histeris katanya. dia sampai bilang, ” iya, saya transfer ! saya transfer ! “. nyokap langsung telepon abangku. trus abang telepon bokap. dan bokap malah bingung kami terima info drmn, krn dia sehat2x aja. akhirnya si abang telepon org itu ( katanya kl udh transfer kami harus hubungi nomor itu ). dan orang itu … cuma ketawa-ketawa pas dimaki-maki abangku. sama sekali gak merasa berdosa tuh orang ! sadis ya ? kesimpulan kami, orang2x kayak begini orang2x sinting ya.

    kami malah pernah terima telepon mirip2x kayak ‘gini beberapa tahun setelah bokap meninggal. dibilang ” bokap kecelakaan “. jawaban kami cuma ” trus ? “. mereka langsung tutup telepon. wkwkwkwk …

    pertanyaanku cuma 1, mereka punya perasaan gak ya ?

    • Ya ampunnn, itu seh sinting lohhhh Mba, dimaki2 cuma ketawa ketiwi >.< Ikutan kesell bacanyaa, ckckckc…. Itu emang jahat banget yang pake penipuan kecelakaan gitu, mereka gak mikirin perasaan yang terima telponnya yaaa…

  11. masih untung cuma penipuan pulsa. saya pernah ditelp orang yang nagku dari kepolisian. bilangnya adik saya kecelakaan. pas saya tanya dimana adik saya sekarang, dia bilangnya di polres. begitu saya mau ke polres, dia bilang damai aja kalau gak mau ribet urusannya. usut punya usut ternyata kata damai bagi dia adalah Rp.500 rebu…gila gak mbak? eh, salam kenal dulu dech??

  12. Saya dulu juga pernah ngalamin modus yg pura-pura dr kepolisian nyuruh non-aktifin hp, trus mereka nelpon ke org tua & bikin panik. tapi untungnya sebelumnya ada tmn yg cerita tentang gaya modus seperti itu, jadi sudah curiga duluan
    salam kenal btw ^^

  13. Papaku pernah, trid. Ada yang nelfon bilang adikku kecelakaan dan sekarang dirawat di rumah sakit, trus papa aku mungkin karena udah pernah dengar modus2 model begini untungnya ga langsung panik, trus malah ngetes si penelfon, bikin pertanyaan yang ngarahin adikku sekolah di mana. trus si penelfonnya salah jawab kan, baru deh papa aku bener2 yakin kalo itu nipu hehehe

Leave a Reply

