rangkuman

GILAAAAAAAAAAAAAA….
gue berniat menulis kira2 sejuta tahun yang lalu, sepuluh juta postingan ada dikepala gue, tapi tiap mau mulai nulis, rasanya berat banget untuk memasuki kolom blog..
Youtube selalu manggil2 gue buat ditonton dan mengingat nanti di indo gue gak bisa nonton Youtube seenak jidat gue kaya sekarang, jadi gue lebih memilih Youtube daripada blog, hahaha…
tapi sekarang gue harus nulis…
gue ringkas semuanya aja deh, padahal tadi nya niat gue nulis dari gimana perayaan sinterklasan gue yang gilaaaa abis, terus nulis gimana Christmas day dan new year disini dengan serba SALJU dan WHITE dan terakhir nulis crita liburan ski gue bareng familyily sini…

jadi gue mulai dengan sinterklasan gue..
jadi kalau lu baca blog gue yang kemaren2 tentang sinterklaas dan santa claus, disitu gue bilang kalau belanda ngerayain sinterklaasan tiap tgl 5 Desember..
nah tahun ini, gue ngerayain sinterklaas nya 2x, tgl 5 dan 6 des, di keluarga yang berbeda…
hari pertama, siang gitu abis buat surprise2 buat hari ke2, kita jalan jam 1an gitu ke rumah Oma brandt dulu, karena Oma Brandt birthday nya pas tgl 5 itu.. Gefeliciteerd oma^^
terus makan2 bentar, gue ketemu orang indo loh, haha.. jadi temennya si Oma, dia orang indo tapi udah lama tinggal disini, ya sempet lah bercakap2 sebentar dengan bahasa indo, hehe..
terus abis itu kerumah nya Charles-Vannessa. Setiap tahun mereka selalu ngerayain sinternetrklaas disana karena mereka punya anak kecil yang percaya banget sama sinterklaas..
pas kita datang, gak berapa lama ada yang ketuk pintu, si Bloeme langsung lari sambil teriak SINTERKLAAS, pas kita buka pintu ada hadiah sekarung, plus tulisan kalau hadiah ada digarasi belakang…
pas gitu gue liat tetangganya seh yang ngebel, jadi emang gitu selalu ada tetangga atau siapa yang berpura2 buat jadi sinterklaas dan ngebel, seru ya??
terus balik ke hadiah, pas ke garasi disana ada 3 karung lebih hadiah, busyettt dah..
3 karunggggg…ya kebanyakan buat anak kecil lah, secara mereka yang bener bener percaya itu dari sinterklaas, padahal kan ya dari oma opa, tante om2, sama mama papa…
terus gue dapat booth buat di rumah, jurk winter, legging kulit (siapa yang mau pke??), perlatan mandi, kalung, apa lagi ya?? gue lupa, udah berbulan2 yang lalu 😛 sama yang paling berkesan gue dapat tiket undangan SKI BARENG sama family gue. Gue sampe nangis wakitau baca itu ( saking terharunya critanya, hahaha)…
terus ditutup deh buka2 kado malem itu dengan dinner bareng…
terus besoknya kita ke kel MENNEN.. nah kel ini punya kebiasaan buat bikin something surprise buat orang lain, tapi yang berkaitan sama itu orang, …
misalnya nih tahun lalu, buat wendi, oma buat sesuatu buat wendi yang berhubungan sama olahraga karena wendi selalu bilang mau OR lagi tapi gak jadi2, males terus..
tahun ini gue dibuatin surprise sama family gue dengan buatin gue BOTOL SAMBEL ABC jadi hadiahnya masukkin kedalam situ..
dibuatnya dari pot bunga gitu .. kenapa gue dibuatin botol sambel ABC?? karena gue pecinta sambel dan selalu makan sama sambel, sampe mereka bilang gue makan cuma rasa sambel doang bukan rasa makannya, padahal mah sambel penambah nikmat aja, tetep aja rasa makanan, ia kan sodara2 pecinta sambel laennya???
dan di situ gue dapat hadiah novel, jepitan rambut, kalung, topi dan syal ski, gak sebanyak hari kemarinnya, hehehe…
terus dinner gitu dan udah deh balik ke rumah dengan selamat sentosa…
selesai part sinterklaas…
foto2nya bisa diliat disini..

sekarang gue lanjut pas Christmas atau bahasa belandanya KERST^^
nah pas itu gue sama family inti gue tukeran kado, gue kasih mereka barang buat dapur lah, gue sendiri gak tau namanya apa, dan gue kasih F, dress winter dan baju sinterklas.. gue dikasih buku sudoku 2 biji (gue lagi tergila2 sama sudoku akhir2 nih), dan seperangkat ritual ( itu peralatan mandi lumayan mahal lah)..
nah ini sama kaya sinterklaas, kita ngerayainnya 2 hari, hari pertama bareng family brandt, hari ke 2 bareng family Mennen..

nah kalau buat family Brandt, peraturannya tiap tahun mereka bakal bergilir, dari rumah Opa Oma, tahun depannya ke rumah Charles-Vanessa dan tahun depannya ke rumah Gregor-Wendi.. nah yang jadi tuan rumah masak menu utama, yang sisanya masak dessert dan 1 kel lagi masak appetizer…
jadi karena tahun ini di rumah Gregor-Wendi, jadi mereka udah prepared banget semuanya, masang pohon natal 2 minggu sebelum kerst, terus sehari sebelumanaya bener bener prepared buat semua2nya, termasuk belanja buat masak 2 hari, karena 2nd Kerst, family Mennen bakal kesini, dan Gregor-Wendi (GW) musti masak dari appetizer sampe dessert..
Itu peraturan family Brandt, semua orang musti masak, jadi gue juga musti masak, walaupun cm 1 macam dan kecil, jadi deh gue buat lumpia lagi lumpia lagi, tapi mereka doyan!!!!!!hahahaha…
gue buat 60 lumpia buat 2 hari dan memakan wakitau 2, 5 jam, hahahha…

Dinner hari pertama pun dimulai. Jam 5an start dengan AMUSE.. jadi AMUSE itu, makanan sekali gigit (onih bite) maksudnya makanan kecil aja yang sekali masuk mulut.. oma Brandt buat makanan itu, enak abis, terus udahannya lumpia gue.. Nah lumpia gue termasuk AMUSE tuh, karena termasuk kategori sekali gigit…
terus setengah 7 duduk dimeja makan dan mulai appetizer…
Oma Brandt buat appetizer enak banget, segala foto bisa liat disini nih…
terus GW masak menu utama dan Charles-Vannessa buat dessert..
gue suka banget sama winih dessert, manissss banget, karena gue suka winih manis:)
dan dinner itu sampe jam setengah 11…
jadi abis makan satu, ngobrol2, nunggu yang laen masak, ngobrol lagi, gitu aja…
dari setengah 7-setengah 11, EMPAT JAM BUAT DINNER!!!!
tapi buat mereka disitu specialnya, termasuk bahan2 dan winih nya pun kudu spesial, karena ini emang spesial banget acaranya…
anyway, gue malamanaya tidur pules abis, gue minum 4 gelas wine, gilaaaaaaa, winih terbanyak dalem 1 malem yang gue minum…!!!

start 2nd kerst, btw ya, ada crita unik nih, buat orang belanda 2nd kerst itu adalah hari buat pergi ke toko furniture…gak tau kenapa tapi pas 26 des, semua orang, gak semua seh most of people pergi ke toko furniture buat beli furniture baru. jadi bisa dipastikan semua toko furniture ramenya gak ketulungan deh pas 2nd kerst…
nah, hari ke2 mulai prepare jam 11an gitu lah, GW masak buat malem nya.. Jam 3an gitu Opa – Oma Mennen dan Patrick-Saskia dan Stijn datang…
jam setengah 7an duduk lagi di meja makan, appetizernya asia gitu , lumpia gue (dengan bangga menyebutkan, hahaha), terus sate dan acar dan krupuk..terus menu utama fondue gitu , tapi normal fondue, jadi pke minyak bukan chocolate atau keju dan dessert nya es..
malem nih lebih parah, soalnya abis dinner msh maen game dulu sampe jam 12..jadi dari jam setengah 7-12 malem:((
dan family ini nginep disini semuanya, jadi asyik2 aja seh sampe tengah malem dan besoknya gue libur, jadi seharian gue tidur menetralkan diri dikamar gue, sore2 gue bangun, turun dan kelaperan, hahaha…
selesai deh kerst gue…

btw ya teman2 dan sodara2 sekalian, gue akhirnya ngerasain WHITE CHRISTMAS …
disini ini, bisa white Christmas luckyy banget, biasanya salju datang awal winter dan cm beberapa hari, tapi tahun nih banjir salju bisa dibilang seh doa gue bener bener didenger Tuhan, gue minta salju kan, gue liat salju ampe eneg, bahkan gue pernah sampe gak bisa pulang dari den haag, dari rumah velly karena badai salju dan gak ada kereta sama skali, karena salju yang parah:((
bahkan sampe sekarang msh snowing dan dingin banget , padahal harusnya udah mulai naik dari titik freezing tapi ntah mengapa tahun nih parahhh banget snow dan dinginnya:((
jadi gue white Christmas , white new year juga dengan kedinginan:(

sekarang new year gue, gue gak ada foto2 seh, soalnya biasa aja dinnernya..
temennya GW datang, terus makan bareng ngobrol2 dan jam 12 pas buka champagnih sambil cipika cipiki ngasih selamat..
btw ya, kan tmana GW datang suami istri, jadi pas jam 12 teng, kan GW ciuman berdua, mereka ciuman berdua, gue cengok gitu mau ciuman ma sapa??? F udah tidur, udah aja gue ciuman sama bangku:P
gue cuma bisa diem gitu sambil senyum nunggu mereka ciuman semennit 2 manat terus baru deh cipika cipiki sama gue!!!!dasarrrr!!!
terus abis itu G bakar petasan dibelakang rumah..
keren deh, jadi se moordrecht gitu semuanya bakar petasan, KEREN GILAAAAAAAA!!!!!
kurang lebih 2 jam lah bunyi petasan dan dingiiinnya parahhhhhhh, sampe beku abisss..
disini nih ada peraturan boleh masang petasan dari tgl 30 malem jam 10 malem – tgl 1 jam 10 pagi…kalau diluar jam itu, bisa didenda, dan kalau mau beli petasan musti pesan ditoko khusus yang mulai jual dari tgl 29 doang, jadi gak disembarang tempat kaya di indo, behhhh:P
terus ada tradisi menarik nih di belanda, pas tahun baru tgl 1 jam 12 siang, banyak orang bakal ke pantai dan berenang, bukan berenang seh, cuma kaya lari ke air, basahin 1 diri dan balik lagi karena itu DINGIIIIIIIIIIIIIIIIIN BANGETTT!!!!!MINUSSSSSS X, gilaaa….!!! gue seh salut abis sama itu orang2 yang begitu tapi banyak loh yang begitu, ribuan orang tiap tahunnya…
harusnya seh gue juga ikutan ya, kan gue cm sekali seumur hidup disini, huhuh, sayang banget.. beberapa temen gue pergi th, yang dari indo lagi, mereka hebat ya tahan dingin, tapi udahannya pilekkkkk abis, hahahah…

terus masuk tahun baru, semuanyabvnormal tapi berarti semakin dekat gue balik, dari sekarang seh itungannya 3 bulan 13 hari lagi:((
terus tgl 23 jan kita pergi ski, sehari abis birthdaynya G..
gue kasih dasi WE ke dia, dia suka seh, lumayanlah, walaupun gue gak pernah liat dia pke dasi:P
terus tgl 23 subuh kita berangkat dari sini jam 3 itu menyesuaikan sama jadwal tidur F, biar diperjalanan dia tetep tidur dan gak rewel.. makan waktu 10-11 jam lah, standardnya seh 10 jam, cm kan berhenti ke toilet sama biar F nya bisa maen2 bentar dan gak rewel, akhirnya jam 2an kita nyampe…
sebernanya gue pingin banget nulis lengkap dari hari pertama gue balik belanda, tapi emang gue males aja update nih blog, hahahah…
terus jam 2an siang kita nyampe, masuk2in barang ke apartemen, gilaaaa apartemennya udah dipojok, diatas pula, kan susah kalau mau bawa F, musti bawa kursi dia ke bawah baru dia nya, mana kita berat pke jas tebel, sarung tangan, booth buat dia, juga pke baju tebel dan kursinya sekalian, bisa pingsan dan kurus duluan gue:((
terus abis itu kita belanja buat keperluan makan dan rumah..
jadi rumahnya lengkap banget
semuanya ada, termasuk wash machine buat piring, oven, microwave, semuanya deh ada, tinggal lu belanja aja mau masak apa…
terus udah gitu abis belanja, makan dan setengah 7 semuanya udah tidur..
capeeeeeeee abisss ditambah gak ada hiburan apa2…
tiap hari gue tidur jam 7 karena gak ada internet, gilaaa deh gak ada internet, gak kebayang balik indo gak bisa nonton Youtube sesuka jidat gue, gak bisa buka banyak web dengan cepat dan gak bisa nonton online, huhuhuh, tersiksa kayanya…
terus hari pertama, sesi eprtama dimulai dengan GW pergi dan gue bareng F di rumah, mereka balik pas lunch terus abis itu gantian gue sama W yang pergi…
W ajarin gue..
ini PERTAMA KALI seumur hidup gue, gue cobain ski, sepatunya berat nya seh gak kira2, mau jalan aja susah nya luar biasa, , ,
terus gue sama W ke tempat yang buat pemula, gampang banget deh, dan gue bisaaaaa…hahaha..
gue bisa meluncur dan stop…
jadi awalnya gue belajar gmana kasih tekanan dan speed buat ski gue…
hari pertama lancar, tapi gue udah mau mati gitu rasanya abis ski, mana pulang gue jalan pke sepatu ski dan gue jatuh dari tangga, itu ski kena kepala gue, berat abis gitu..

terus kita dinner ke resto dan makan RACHLETTE (kalau gue gak salah)..jadi itu makanan WAJIB buat ski dan makanan prancis asli…
jadi keju yang gede banget kaya keju gouda, tau gak keju gouda?? kalau gak ada tuh foty nya adi FB gue, hahaha, nah setengahnya itu ditaruh di atas api dan dilelehkan, ntar kita makan keju yang meleleh itu dan taruh diatas daging kita deh..
begonya gak ada yang bawa camera, gue gak bawa tas, GW gak bawa hp juga, jadi deh kita menyesali kenapa gue gak bawa camera dan diskusi gimana supaya anext time gue bisa dapat foto itu makanan, hahaha…
terus balik gue tepar tidur..
besoknya snowing jadi pagi2 gue belajar bareng G sampe lunch…
gue belajar turn dan gimana mem-finishkan turn gue, itu gunanya buat kalau ditempat terjun buat mengatur speed kita musti memfinishkan turn kita…
balik abis lunch terus GW pergi deh maen, mereka balik sore, jam 3an gitu terus kita jalan2 ke La Plagne center, mereka beli sarung tangan baru…
terus balik dinner dan teparrr….
hari ke3 nih paling sulit dan menegangkan..
jadi pagi nya gue sama W pergi belajar, kita mau pindah tempat nih, ke yang gampang juga, cm melewati tempat yang susah…
nah rintangan pertama gue jalani dengan sempurna walaupun buat mereka yang bisa ski palingan 30 detik dan buat gue SETENGAH JAM….
terus udah deh lancar sampe ke part susah ke2..
itu terjun banget dan gue ketakutan bakal meluncur dengan kencang dan tidak selamat, so gue mulai sedikit merengek2 sama W gak jelas gitu , asli gue ketakutan abis, bener aja kan, sampe 1 titik, gue jatuh dengan semuprna, meluncur tanpa sarung tangan, megang dingiinya itu salju dan meluncur aja gitu ke bawah dari puncak gunung dengan ketakutan kalau gue bakal mati dan gue lagi menuju kematian gue…
gila, gue bener bener takut abis, gue meluncur kencang ke bawah, gue sampe beroda, teriak2 minta tolong ke Tuhan, manggil2 W, tapi emang bener seh, ada pada 1 titik dmana lu bakal berhenti, salju bakal tahan lu, itu pasti, jadi kalau jatuh gitu , emang lu haruos biarin diri lu seenteng mungkin, jangan coba ngelawan dan berusaha gmana, karena percuma, cm diem aja, disatu titik, salju bakal tahan lu dan lu bakal berhenti…
abis itu gue ketakutan setengah ampun..
perjuangan blm selesai, gue msh hrs meluncur setengah terjunan lagi, yang gue selesaikan setengah jam lagi, huuufhhhhh, , , gue gak enak gitu sama W L terus blm selesai
kita naik chair lift. jadi lift kursi gitu, nah masalahnya liftnya gak berhenti, jadi begitu kursinya datang lu musti pke feeling duduk dan pas pada tempatnya lu musti turun dia juga gak berhenti, jadi pke feeling lu pada satu titik musti berdiri dan ski meluncur kalau gak bisa kena orang belakang atau chair lift nya nendang lu…
gue selalu jatuh, selalu jatuh dan gak bisa berdiri dengan sempurna…
pas di lapangannya buat ski seh gue bisa, gue udah bisa ski, cm di chair lift nya gak banget deh, gue selalu jatuh, huhuh…
abis perjuangan juga itu, besoknya gue gak mau ski lagi…
kan emang GW mau ski seharian, mereka mau ambil rute panjang gitu buat ski, jadi gue bilang ke mereka kalau mereka bisa ambl rute itu besoknya, jadi gue bakal bareng F jalan2 aja, shopping, hahaha…
terus udah deh besoknya gue jalan2 sama F, tapi gak ada bedanya sama ski, cape nya sama ngedorong F nanjak2 gitu jalannya, pas balik rumah legaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaanya gak ada duanya…
terus besoknya kita ski lagi..
gue ski buat terakhir kali nya, nah gue pergi bareng G. senengnya dia lebih kuat dari W, jadi at least dia bisa nolong gue dan banyak yang gak bisa dilakuin W bisa dilakuin G karena dia lebih kuat dan G lebih jago emang dari W buat ski…
pergi lah gue buat penutupan ski gue, mereka juga mau buat video gue ski biar bisa dipajang di FB, haha, gue terharu pada kebaikan mereka:)
terus mulai lah rute yang sama dengan W, pertama gue bisa melewati nya yang pertama dengan W setengah jam sekarang jadi 20menitlah, hahaha, terus sampe ke rute yang gue jatuh, gue udah bisa lah buat ski gak jelas supaya gak jatuh dan sampe titik yang terjal banget , akhrnya gue ski dibelakang G..jadi gue ski sambil megang dia dibelakang gitu , dia yang ski gue ikutin dia spya gak jatuh dan selamat smpe bawah…
susah dan menakutkan, tapi gue selamat juga sampe dbawah, hahaha..
terus chair lift lagi, sekali pertama jatuh, 2x jatuh tapi ke 3x nya gue gak jatuh lagi, gue bisa berdiri dengan sempurna dan ski menjauh dari chair lift, gue senenggggggggggg!!!!
terus gue juga buat video tentang ski gue, G sh yang rekam gue ski gitu , hahaha…
terus selesai dh hari ke 4…
hari ke 5, gue gak ski, GUE ski penutupan, karena besoknya kita balik, terus besoknya sabtu subuh jam 6 kita cabut balik ke Belanda
gilaaa, gue gak enak badan banget, demam gitu dan mual dan lemes banget , pokoknya sakit gitu lah, gak enk abissss, mana si F reweeeeeeeeeeeeeel luar biasa dan gue musti tenangin dia disaat gue juga sakit banget…emosi dah, pingin cepat2 nyampe ke Belanda…
akhrnya jam 4an gitu nyampe deh ke Belanda. snow lagi disini dan begitu masuk rumah, dingiiiiiiiinnnya, 15 derajat doang ddalem rumah..
bisa bayangin kan AC aja cuma sampe 16 derajat dan pasti udah mengigil2, gimana gue disini serumah2 15 derajat, huhuhu…
terus istirahat bentar, buka internet, akhrnya nemu internet lagi…kabar2in semuanya, janjian skype sama roger terus dinner..

abis itu gue balik lagi skype sama roger sampe jam 11an gitu, terus gue tidur dengan amat sangat lelah, huhu..
selesai deh eprjalanan ski gue yang menantang maut, hahaa… nih foto2nya disini
seneng dan seru seh, pgn maen lagi, tapi pliss jangan pke jatuh lagi:P

gilaaa, gue ngerangkum semua crita gue dari pagi-malem nih nulisnya, hahaha..
tapi selesai juga, sebernanya gue masih ada crita soal Valentine kemarin, tapi besok aja deh, biar ganti judul, malas juga yang baca kalau semua crita dijadiin 1, hahaha..
at least gue seneng blog gue nambah lagi, dan mudah-mudahan abis nih gue ttapi rajin nulis, hahaha…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s