sinterklaas dan santa claus

gue baru tau kalau ada sinterklaas sama santa claus…
jadi disini ini ada 2 perayaan natal yang gede..
satunya sinterklaas day tangal 5 desember dan satu lagi Christmas yang simbolnya santa claus 25 desember..

sinterklaas ini yang punya temen namanya Zwarte pit..
sinterklaas bakal ulang tahun tanggal 6 desember, nah sehari sebelum dia ulang tahun dia bakal bagi2in hadiah ke semua orang2 dan anak2..belanda bener2 merayakan tradisi ini dimana setiap tanggal 5 semua keluarga bakal ngumpul dan tukeran kado…
sinterklaas selalu dibantu Zwarte pit.. nah Zwarte pit ini kenapa item, karena dia yang kerja, dia yang turun ke cerobong asap rumah2 dan memberikan hadiah buat anak2 yang baik…
biasanya anak2 sini percaya akan sinterklaas yang selalu datang dan memberikan hadiah buat anak yang baik tapi kalau anak nakal, Zwarte pit bakal masukkin ke karung dan ngirim tuh anak ke Spanyol (legendanya)..
dulu waktu gue kecil dan tinggal di menado, gue percaya banget nih cerita, gue percaya kalau sinterklaas selalu ngasih kado dan gue takut banget sama Zwarte pit, sekarang gue tau itu kado disiapin sama bokap nyokap gue, mereka yang bungkusin, mereka yang nyiapin semuanya, terus kasih deh ke sinterklaas, biasanya seh sinterklaasnya dari gereja, jadi ada koordinasi dari pihak gereja sama orang tua, kalau emg orang tua mau rumahnya disinggah sama sinterklaas ntar daftar dan ngasih hadiahnya, nah pura2 nya tuh sinterklaas deh yang bawa:P

dan setelah sekian tahun gue gak lihat sinterklaas lagi secara langsung -semenjak gue pindah ke pekanbaru – akhirnya tahun ini gue lihat lagi disini..
gue beli kado buat sekeluarga besar buat nanti bakal tukeran tanggal 5 dan 6 des dirumah 2 kel besar…

nah kalo santa claus itu cuma simbol buat Christmas tanggal 25 des..
santa claus dan pohon natal itu semua buat 25 des…tetep bagi2 hadiah, cuma kayanya gak seheboh 5 des deh…
cerita lengkapnya bakal gue ceritain setelah hari H, hahaha…

oia, tradisi disini setiap sinterklaas day, semua orang bakal dapet chocolate letter, inisial nama sendiri sama sinterklaas bakal bagiin pepernoten, itu permen khusus buat sinterklaas day…
sekarang gue udah nyiapin semua kado, tinggal 4 lagi, buat opa – oma Brandt dan Mennen, terus gue harus buat poem buat F… buat poem sih gampang masalahnya harus dalam bahasa belanda, apa yang harus gue tulis??

One thought on “sinterklaas dan santa claus

Leave a Reply

